Breaking News:

Bisnis

Dukung UMKM Bangkit, BI DI Yogyakarta Berikan Pelatihan

Pelatihan keterampilan yang diberikan oleh BI DIY dengan memberikan pendampingan pelatih yang ahli di bidangnya.

TRIBUNJOGJA.COM / Nanda Sagita Ginting
Ilustrasi gambar UMKM saat mengikuti pagelaran acara Festival UMKM di Jogja City Mall 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bank Indonesia (BI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberikan pelatihan keterampilan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai dukungan untuk bangkit di tengah pandemi.

Deputi Kepala Perwakilan BI DIY, Miyono menuturkan, selama pandemi UMKM menjadi sektor yang paling terdampak terutama dari sisi produktivitas.

"Dipilihnya UMKM untuk diberikan pelatihan karena peluang untuk recoverynya lebih besar. Sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN)," jelasnya kepada Tribunjogja.com, pada Kamis (11/03/2021).

Pelatihan keterampilan yang diberikan oleh BI DIY, lanjut Miyono, dengan memberikan pendampingan pelatih yang ahli di bidangnya.

Baca juga: Pelaku UMKM di DI Yogyakarta Mulai Menunjukan Geliat di Tengah Pandemi

Sehingga, secara teknis para UMKM mendapatkan pengetahuan dari sumber terpercaya.

"Jadi, pelatihan keterampilan meliputi permasalahan produk, keuangan,  permodalan, hingga pemanfaatan teknologi. Maka, kami sediakan pengajar yang sesuai dengan bidangnya sehingga UMKM bisa belajar maupun sharing dengan orang yang tepat," tuturnya.

Adapun, kegiatan yang dilakukan BI DIY juga didukung dinas terkait seperti Dinas Koperasi dan UKM DIY dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY.

Sebelum mengikuti pelatihan, para UMKM  harus melewati proses kurasi produk.

"Kami masih menerima pelatihan dengan jumlah terbatas.Sehingga, proses penyeleksian UMKM dilakukan melalui kurasi produk. Saat ini, metode pelatihan dilakukan secara daring,"pungkasnya.( Tribunjogja.com )

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved