Breaking News:

Bank BPD DIY Bima Perkasa Jalani Permainan Keras Lawan Tim Debutan, Bali United

Bima Perkasa menang tipis lawan Bali United di gim perdana Indonesian Basketball League (IBL) 2021.

Dok Bima Perkasa
Bima Perkasa 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bima Perkasa menang tipis lawan Bali United di gim perdana Indonesian Basketball League (IBL) 2021.

Pebasket, Azzaryan Pradhitya dan kolegga haru melewati pertandingan yang keras dengan Bali United, di Robinson Cisarua Resort Kamis (11/3/2020) siang.

Baca juga: Melihat Sisi Lain Klitih dari Pameran The Museum Of Lost Space di Bantul

Bima Perkasa datang dengan skuat lengkap seperti Azzaryan Pradhitya, Indra Muhammad, Tifan Eka Pradita, Galank Gunawan, dan Isman Thoyib, satu-satunya wakil Yogyakarta ini hanya mampu unggul 8 angka, 61-53 di akhir gim melawan Bali United yang turun tanpa Daniel Wenas.

"Ini pertandingan pertama dan banyak sekali PR setelah gim ini. Kami berusaha bermain terbuka dan banyak momen yang seharusnya bisa kami manfaatkan. Kami akan bekerja keras lagi untuk laga berikutnya," kata kepala pelatih David Singleton usai pertandingan.

Para penggawa muda Bali memberi kejutan Bima Perkasa di separuh kuarter pertama usai menorehkan skor 9-0. Masuknya Isman Thoyib menit ke-6 mampu mengangkat mentalitas pemain Bima Perkasa sehingga bisa memperpendek jarak poin lalu menutup kuarter dengan 14-8.

Di kuarter dua, David melakukan banyak perubahan komposisi. Ia mulai menurunkan dua rookie, Samuel Devin dan David Simeon lalu memberi kepercayaan pada Ali Mustofa yang musim lalu tak banyak bermain.

Rotasi ini terbukti mampu meredam agresivitas para pemain muda Bali United sekaligus menaikkan field goals, dari 28% ke 31%.

David Singleton mempertahankan komposisi di kuarter tiga dengan kedudukan 26-26. Peran Samuel Devin sebagai Point Guard (PG) membuat Azzaryan Pradhitya leluasa di luar paint area sementara Ali Mustofa membantu Galank di dalam box yang kerap berduel dengan big man Bali United Ponsius Indrawan.

Bima Perkasa untuk kali pertama berbalik unggul cepat 36-30 lewat tiga angka Azzaryan Pradhitya dan Samuel Devin. Konsistensi taktik ini membawa Bima Perkasa mengakhiri kuarter tiga dengan 42-36.

Taktik 2-2-1 full court defense Bali United menyulitkan para pemain Bima Perkasa di awal kuarter empat sehingga Bali bisa nyaris menyusul perolehan angka.

Namun taktik yang membutuhkan stamina luar biasa ini tak bertahan lama karena penggawa Bali United kecapaian dan sudah team foul.

Baca juga: Seniman Harus Terlibat Aktif Membangun Kota Magelang

Situasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Bima Perkasa sehingga mampu menjaga jarak angka lalu mengakhiri gim pertama dengan 61-53.

Kapten Bima Perkasa, Azzaryan Pradhitya mencetak double-double dengan 20 angka dan 12 rebound selama pertandingan.

Sementara Galank dan Isman Thoyib sama-sama mengoleksi 7 rebound. Dari Bali United, Surliyading juga membukukan double-double, 11 angka dan 13 rebound disusul Ponsius Indrawan dengan 12 angka dan 5 rebound.

"Benar kata coach, ini masih permulaan dan kami masih banyak PR untuk memperbaiki taktik maupun performa individual," kata Adhit. (tsf)

Penulis: Taufiq Syarifudin
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved