Breaking News:

ADVERTORIAL

Siloam Hospitals Yogyakarta Tambah Kamar lsolasi COVID-19 Bertekanan Negatif

Ruang Rawat Inap Jericho diperuntukkan khusus bagi pasien covid-19 bergejala ringan atau orang tanpa gejala.

TRIBUNJOGJA.COM / Maruti Asmaul Husna Subagio
Siloam Hospitals Yogyakarta Tambah Kamar lsolasi COVID-19 Bertekanan Negatif 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Siloam Hospitals Yogyakarta yang merupakan satu dari beberapa rumah sakit rujukan COVID-19, hari ini (Rabu, 10/3/2021) meresmikan Ruang Rawat Inap Jericho. 

Ruangan ini diperuntukkan khusus bagi pasien covid-19 bergejala ringan atau orang tanpa gejala dan terletak di lantai 6 rumah sakit ini. 

Sebanyak 32 tempat tidur dan ruangan bertekanan negatif yang ditambahkan ini akan segera siap digunakan masyarakat pada akhir bulan ini atau awal April 2021. 

Direktur Siloam Hospitals Yogyakarta, dr SA Erich Richardo, MPH, mengatakan pihaknya telah mengalokasikan 40 persen dari seluruh kapasitas tempat tidur (TT) di rumah sakit untuk pasien covid-19. 

Baca juga: Sukseskan Program Vaksinasi Covid-19, RS Siloam Ajak Masyarakat Patuhi 3T dan 5M

"Area di lantai 7 untuk pasien covid-19 bergejala sedang dan berat serta area lantai 6 untuk pasien bergejala ringan sampai sedang. Tempat tidur di lantai 7 telah kami sediakan sejak lama sebelumnya," ujar Erich dalam media gathering di Siloam Hospitals Yogyakarta, Rabu (10/3/2021). 

"Untuk ruangan yang kami siapkan ini memang kami harapkan tidak ada lagi kasus-kasus berat. Namun, kalau ada saudara atau teman kita yang membutuhkan ruang isolasi dengan harga sangat terjangkau bisa mencoba di tempat kami. Kami ingin semua lapisan masyarakat di Yogyakarta bisa memanfaatkannya. Sehingga kualitas kesehatan masyarakat bisa meningkat," sambungnya. 

Kamar rawat inap isolasi ini, dibuka dan diresmikan oleh CEO Siloam Hospitals Yogyakarta, Siti Nurtata Rizki berserta jajaran direksi lainnya. 

Ia menerangkan, ruangan isolasi bertekanan negatif digunakan agar tidak terjadi penularan virus melalui udara, di mana udara dari dalam ruang isolasi tidak mengontaminasi udara luar. 

Baca juga: Edukasi Kesehatan Otak, RS Siloam Yogyakarta Ajak Masyarakat Nonton Film 3D

"Pada lantai ini telah dilengkapi dengan jalur khusus pasen covid-19 dan tenaga medis yang bertugas. Sebelumnya juga telah disediakan kamar atau ruangan isolasi khusus COVID-19 di lantai 7 dengan total 15 TT dilengkapi 2 ICU berventilator," ungkapnya. 

Halaman
12
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved