BREAKING NEWS: Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Fenomena Hujan Es Kembali Turun di Yogyakarta

Tak hanya hujan deras disertai angin kencang, fenomena hujan es kembali terjadi di DI Yogyakarta, tepatnya di daerah Minggiran Kota Yogyakarta

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Miftahul Huda
Kondisi hujan di Jalan Suryotomo Yogyakarta, Rabu (10/3/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Yogyakarta dan sekitarnya, Rabu (10/3/2021) sore sekira pukul 15.00.

Tak hanya hujan deras disertai angin kencang, fenomena hujan es kembali terjadi di DI Yogyakarta, tepatnya di daerah Minggiran Kota Yogyakarta dan di Krapyak Kulon Panggungharjo Sewon Bantul.

Seorang Warga yakni Titik mengungkapkan bahwa langit yang sebelumnya terang dan cukup terik tiba-tiba gelap.

Butiran es yang turun bersama hujan deras dan angin kencang di halaman rumah salah satu warga di Krapyak Kulon, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Rabu (10/3/2021)
Butiran es yang turun bersama hujan deras dan angin kencang di halaman rumah salah satu warga di Krapyak Kulon, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Rabu (10/3/2021) (TRIBUNJOGJA/ Kurniatul Hidayah)

Tak berselang lama suara gemuruh datang dan disertai hujan lebat dan angin kencang.

Sekira 15 menit berjalan, terdengar suara keras seiring dengan rintik hujan menerpa atap rumahnya.

Baca juga: Sebaiknya Hati-hati Jika Mimpi Angin Kencang Hingga Merobohkan Bangunan, Ini Artinya

Ia dan anggota keluarga yang lain keluar dan menemukan butiran es berjatuhan bersama hujan.

"Iya dengar berisik sekali klotak klotak pas keluar ternyata ada butiran es. Nggak terlalu banyak. Ukurannya kecil-kecil," ucapnya.

Hujan es kembali mengguyur Yogyakarta, Rabu (10/3/2021)
Hujan es kembali mengguyur Yogyakarta, Rabu (10/3/2021) (TRIBUNJOGJA/ Kurniatul Hidayah)

Sementara itu, hujan deras mengakibatkan jarak pandang pengenguna jalan di sekitaran Jalan Mayor Suryotomo, Kota Yogyakarta sedikit terganggu.

Pantauan di lapangan, beberapa pengendara sepeda motor terlihat menepikan kendaraannya lantaran hujan turun dengan sangat deras.

Sebelumnya, Sebagian wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diperkirakan hujan ringan hingga hujan disertai petir pada Rabu (10/3/2021).

Dilansir dari situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) cuaca wilayah Kabupaten Bantul saat siang hari diperkirakan hujan disertai petir dengan suhu antara 23-30 derajat celcius.

Begitu juga cuaca di Kabupaten Sleman, saat siang hari diperkirakan turun hujan dengan disertai petir.

Namun memasuki malam hingga dini hari, cuaca berubah menjadi berawan tebal dengan suhu sekitar 23-30 derajat celcius.

Baca juga: Pesawat Antonov AN124-100 Landing Perdana di Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo

Sementara prakiraan cuaca di Kabupaten Kulon Progo, saat siang hingga malam hari cuaca berawan tebal, dengan suhu sekitar 23-30 derajat celcius.

Sedangkan prakiraan cuaca di Kabupaten Gunungkidul, saat siang hari diperkirakan turun hujan intensitas sedang dengan suhu antara 22-30 derajat celcius.

Untuk cuaca di Kota Yogyakarta, saat siang hari diperkirakan turun hujan disertai petir Namun, memasuki malam hari cuaca berubah menjadi berawan tebal dengan suhu sekitar 23-30 derajat celcius.

BMKG Yogykarta juga mengimbau kepada masyarakat DIY agar mewaspadai potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Sleman Utara, Kulon Progo Utara, Bantul Timur dan Gunungkidul Timur dan Utara. (TRIBUNJOGJA.com)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved