Breaking News:

Hasil Penelitian: Parasetamol Bisa Jadi Obat Penyembuh Luka Akibat Patah Hati Putus Cinta!

Namun siapa sangka, ternyata parasetamol bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi patah hati. Kok bisa?

thinkstockphotos.com
Ilustrasi 

Tribunjogja.com - Anda pasti tak asing dengan parasetamol. Ya, parasetamol biasanya digunakan sebagai obat turun panas atau menghilangkan rasa sakit.

Namun siapa sangka, ternyata parasetamol bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi patah hati. Kok bisa?

Parasetamol bisa jadi obat patah hati ini dari hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli saraf dari University of California.

Ilustrasi
Ilustrasi (Shutterstock)

Para ahli saraf dari University of California menemukan bahwa parasetamol juga bisa digunakan untuk mengatasi luka akibat patah hati.

Dalam riset tersebut, peneliti mengungkapkan bahwa rasa sakit emosional diproses di area yang sama di otak dengan rasa sakit fisik.

Itus sebabnya, obat penghilang rasa sakit juga bisa dapat digunakan untuk mengatasi rasa sakit akibat putus cinta.

Penelitian tersebut dilakukan selama tiga minggu. Dari data yang didapatkan, peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 1.000 miligram Tylenol (salah satu obat sejenis parasetamol) menunjukkan penurunan perasaan rasa sakit emosional yang signifikan. Bahkan, prosentase penurunan rasa sakit emosional tersebut mencapai 18,5 persen.

Baca juga: Jangan Dibuang, Ternyata Rambut Jagung Bisa Jadi Alternatif Obat Alami Diabetes Melitus

"Merasakan sakit hati atau sedih setelah putus cinta itu hal yang normal,' kata Dr Naomi Eisenberger, asisten profesor psikologi sosial di University of California.

Itu sebabnya, Eisenberger menyarankan agar mereka yang sedah patah hati tidak sembarangan mengonsumsi parasetamolatau obat-obatan tertentu tanpa saran dokter.

Bagaimanapun juga, rasa sakit emosional adalah respons yang sehat dan ada pelajaran hidup yang bisakita dapatkan dari pengalaman tersebut.

Halaman
12
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved