Breaking News:

Setahun Tanpa Ada Agenda Pariwisata, Pemda DIY Siapkan 71 Event Budaya

Setahun dilanda pandemi COVID-19, Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai optimis sektor pariwisata yang menjadi andalan perekonomian

TRIBUNJOGJA.COM / Santo Ari
Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Setahun dilanda pandemi COVID-19, Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai optimis sektor pariwisata yang menjadi andalan perekonomian itu bakal pulih kembali tahun 2021 ini meski hingga saat ini pandemi masih belum berakhir.

Penyusunan Calender of Event (CoE) 2021 atau kalender wisata yang memuat puluhan rencana event pariwisata dan budaya sepanjang 2021 pun telah disiapkam.

Sedikitnya akan ada 71 event budaya dan pariwisata akan diselenggarakan di DIY pada tahun 2021. 

Event tersebut terbagi ke dalam 8 kategori event dan terpilih 34 ikonik event yang mengedepankan dan mengunggulkan agenda budaya serta pariwisata bertaraf nasional maupun internasional.

Baca juga: Sempat Ricuh, Aksi Peringatan Hari Perempuan Internasional di Jalan Suryatmajan Yogya Dihadang Warga

"Informasi penyelenggaraan event ini diharapkan menginspirasi calon wisatawan berkunjung maupun sebagai panduan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke DIY sehingga dapat mengatur jadwal liburan dengan lebih baik," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo, Senin (8/3/2021)

Agenda terdekat yakni pada 10-12 Maret 2021 akan dilangsungkan serangkaian tradisi yang dimulai dengan tradisi Peksi Burak di Keraton Yogyakarta.

Acara tersebut merupakan tradisi persembahan yang digelar Keraton Yogya dengan simbolis burung Burak di mana diyakini sebagai kendaraan Nabi Muhammad SAW saat melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj.

Lalu pada 11 Maret 2021, masih di Keraton Yogya akan dihelat tradisi Ngebluk yakni prosesi pembuatan adonan apem sebelum acara apeman untuk memperingati kenaikan tahta / Hajad Dalem Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Selanjutnya pada 12 Maret 2021 akan dilangsungkan tradisi Ngapem atau prosesi pembuatan apem (makanan khas tradisional Jawa) di mana sudah menjadi rangkaian adat untuk memperingati kenaikan tahta / Hajad Dalem Tingalan Jumenengan Ndalem Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Kemudian wisatawan dapat melihat Festival Andong pada 13-14 Maret 2021 di kawasan Sleman City Hall, Denggung Kabupaten Sleman Jam 10.00 - 18.00 WIB.

Halaman
123
Penulis: Miftahul Huda
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved