Breaking News:

Jawa

Pipa Air Bersih Rusak Diterjang Debit Air Kali Pusur, Warga Cokro Klaten Bangun Aliran Air Sementara

Rusaknya pipa saluran air bersih di Dukuh Cokro, Desa Cokro, Klaten membuat ratusan rumah warga di desa tersebut kesulitan mendapatkan air bersih.

TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Seorang warga memperbaiki pipa saluran air bersih yang bengkok setelah diterjang peningkatan debit air Kali Pusur di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Senin (8/3/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Naiknya debit air Kali Pusur yang melintas di dekat objek wisata Umbul Cokro yang berada di Dukuh Cokro, Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten membuat pipa saluran air bersih di desa itu mengalami kerusakan.

Akibatnya, ratusan rumah warga di desa tersebut kesulitan mendapatkan air bersih sejak rusaknya pipa air bersih itu pada Minggu (7/3/2021).

Pantauan Tribunjogja.com di lapangan, pipa saluran air bersih yang rusak tersebut berada di bawah jembatan Desa Cokro.

Pipa sepanjang 25 meter yang awalnya membentang di bawah jembatan desa setempat tersebut, terlihat bengkok dan terlepas dari sambungan awalnya dan terhempas sejajar dengan aliran sungai tersebut.

Baca juga: Pemkab Klaten Inisiasi Gerakan Guru Tonggo agar Siswa Belajar Maksimal selama Pandemi Covid-19

Seorang warga sekitar, Ngadiman (50) mengatakan jika kejadian pipa saluran air bersih bengkok dan terlepas dari sambungan awalnya itu bermula pada Minggu (7/3/2021) sekitar pukul 16.00 WIB.

"Saat itu mungkin terjadi hujan deras di bagian hulu Kali Pusur dan membuat debit air di aliran Kali Pusur meningkat. Banyak material kayu dan bambu yang ikut terbawa hingga membuat pipa besi ikut menjadi bengkok dan terlepas dari sambungan awalnya," ujarnya saat ditemui di lokasi.

Ia mengatakan, sejak terjadinya kerusakan pipa tersebut aliran air bersih ke rumah-rumah warga desa menjadi mati sejak minggu sore hingga senin pagi.

Warga pun, kata dia bersama perangkat desa dan dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas melakukan gotong royong untuk membuat saluran air sementara di bekas sambungan saluran air sebelumnya.

"Ini kita bangun saluran air sementara untuk membantu mengalirkan air dari mata air ke rumah-rumah warga. Target kita sore ini air sudah mengalir lagi," ulasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Widi Sunaryo mengatakan jika untuk memperbaiki pipa saluran air bersih tersebut ditarget selesai seminggu.

Halaman
12
Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved