Breaking News:

Kabupaten Magelang

Pekan Ini, Pemkab Magelang Vaksinasi Covis-19 bagi Lansia di Kecamatan Tempuran dan Borobudur

Program vaksinasi warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Magelang menjadi prioritas utama setelah para tenaga kesehatan.

Tribunjogja/Yosef Leon Pinsker
Kasie Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kabupaten Magelang, Dwi Susetyo memberikan keterangan kepada wartawan, Jumat (5/3/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Program vaksinasi warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Magelang menjadi prioritas utama setelah para tenaga kesehatan.

Pada pekan ini, warga lansia di wilayah setempat mulai mendapat penyuntikan vaksin.

Lansia yang berada di wilayah rentan dan berisiko tinggi terhadap penularan virus Covid-19 akan lebih dulu mendapat vaksin.

"Pekan ini berdasarkan prioritas dilakukan vaksinasi lansia untuk wilayah Kecamatan Tempuran dan Borobudur, masing-masing sebanyak 250 lansia," kata Kasi Surveilans dan Imunisasi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang, Dwi Susetyo pada Jumat (5/3/2021).

Dwi menyatakan dua kecamatan itu merupakan daerah yang rentan dan cukup tinggi terhadap penularan Covid-19.

Kecamatan Tempuran diketahui sempat menjadi klaster penularan Covid-19, sementara Kecamatan Borobudur yang merupakan daerah wisata merupakan area yang cukup tinggi terhadap mobilisasi masyarakat.

"Daerah itu memang memiliki risiko tinggi. Tempuran kan lokasi pabrik dan pernah juga jadi klaster dan ada juga pesantren yang sempat pula jadi klaster. Sementara Borobudur itu kan daerah wisata jadi mobilitasnya tinggi dan perlu kita tekan," imbuhnya.

Baca juga: Puluhan Santri dan Guru Ponpes di Bantul Terpapar COVID-19

Baca juga: BREAKING NEWS : Pemerintah Pusat Perpanjang PPKM Skala Mikro di DI Yogyakarta Hingga 22 Maret

Berdasarkan data per 4 Maret lalu sebanyak tujuh kecamatan di Kabupaten Magelang masuk ke dalam zona oranye, sementara 14 lainnya masuk ke dalam klasifikasi zona kuning.

Artinya pelaksanaan vaksin bagi lansia akan mengikuti tingkat penularan dan risiko berdasarkan zonasi kecamatan.

Pelaksanaan vaksin bagi warga lansia juga didukung melalui surat edaran Sekretaris Daerah Jawa Tengah yang menginstruksikan agar seluruh Kabupaten/Kota di wilayah setempat agar memprioritaskan vaksinasi Covid-19 bagi warga lansia.

"Tapi kami mengalir saja vaksinnya kan juga dijatah terbatas, jadi kami harap target lansia sebanyak 170 ribu berdasarkan data Disdukcapil itu bisa selesai dengan cepat," imbuhnya.

Sejak program vaksin digulirkan di wilayah Kabupaten Magelang hingga saat ini sudah terdapat 2243 nakes yang sudah divaksin Covid-19 dosis pertama dan 2187 yang mendapat vaksin dosis kedua.

Sementara untuk program vaksin tahap kedua telah menyentuh sebanyak 4639 orang untuk dosis pertama. (Tribunjogja/Yosef Leon Pinsker)  

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved