Breaking News:

Perpustakaan Klaten Meraih Akreditasi B

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten Syahruna menjelaskan penilaian akreditasi pelayanan perpustakaan ini baru diikuti kali pertama diikuti

ist
Perpustakaan Klaten Meraih Akreditasi B 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melalui Lembaga Akreditasi Nasional menetapkan Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten memperoleh Standart Nasional Perpustakaan kategori B sebagai lembaga pelayanan publik terkait penyediaan fasilitas bacaan  bagi masyarakat.

Sertifikat akreditasi bernomor 0202/LAP.PU/XII/2020 tanggal 14 Desember 2020 itu ditanda-tangani Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Muhammad Syarif Bando.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten Syahruna menjelaskan penilaian akreditasi pelayanan perpustakaan ini baru diikuti kali pertama diikuti tahun 2020. 

Aspek penilaian meliputi regulasi, fasilitas, aspek anggaran termasuk inovasi.

“Aspek dasar penilaian dari Lembaga Akreditasi Nasional adalah dari sisi regulasi, sarana prasana, sumber daya manusia yang berkualitas dan daya dukung pemangku kebijkan.  Penilaian tinggi juga dilihat dari nilai inovasi dan jenis layanan yang dilakukan,” jelas Syahruna kepada Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten, Jumat (26/2/2021) dalam rilis yang diterima tribunjogja.com.

Ditambahkan dari sisi tata ruang baca terus terus dibenahi.  Harapannya menurut Syahruna agar suasana baca di Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten bisa lebih menarik dan nyaman dikunjungi. 

Termasuk layanan akses baca secara on line melalui aplikasi I-klaten yang bisa diunduh masyarakat melalui playstore.

“Kami secara pereodik merubah tata ruang baca.  Pembaca agar selalu nyaman perlu diberikan suasana-suasana baru. Alat peraga edukatif, sarana ramah difabel sampai tata cahaya ruangan kami perhatikan,” tambahnya.

Terkait pemihakan anggaran pengadaan buku Syahruna mengaku masih sangat terbatas.

Anggaran ini diprioritaskan bagi penambahan koleksi buku baru sesuai yang banyak dikeluhkan pengunjung.

“Semoga kami bisa memenuhi harapan masyarakat. Tapi semua itu tergantung pemihakan pengambil kebijakan.  Kami menyesuaikan saja,” pungkasnya. (rls)

Editor: Ikrob Didik Irawan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved