Breaking News:

Yogyakarta

Gubernur DI Yogyakarta Minta Bantuan Kredit Lunak untuk Kelompok Pengelola Air Bendungan Kamijoro

Dengan adanya kredit lunak, pengelola diharapkan dapat memperluas layanan penyediaan air bersih tanpa terlalu terbebani dengan masalah pendanaan.

Tribunjogja.com / Yuwantoro Winduajie
Sri Sultan Hamengku Buwono X 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta pemerintah pusat untuk memberikan bantuan kredit lunak kepada kelompok pengelola air yang memanfaatkan Megaproyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Bendungan Kamijoro di DI Yogyakarta.

Dengan adanya kredit lunak, pengelola diharapkan dapat melakuan perluasan layanan penyediaan air bersih tanpa terlalu terbebani dengan masalah pendanaan.

"Kami mengusulkan supaya kabupaten yang akan mendapat air itu diberikan kredit lunak supaya bisa memperpanjang sistem distribusi air di masing-masing kabupaten," terang Sri Sultan usai mengikuti videokonfrens dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan di Gedhong Pracimasono, Kamis (4/3/2021).

"Tapi kalau beli air distribusinya tidak semakin luas terus nanti yang mau beli siapa? Nah yang seperti ini kita selesaikan," tambah Sultan.

Baca juga: Bendung Kamijoro Dikelola KPBU, DPRD DIY Tak Ingin Investor Asing

Baca juga: Pemda DIY Anggarkan Rp18 Miliar untuk Bangun Saluran Primer Bendung Kamijoro

Menurut Sultan, investasi sumber daya air tidaklah murah sehingga pemerintah daerah setempat diharapkan dapat mengelola air dengan sebaik-baiknya.

"Sehingga tidak membebani APBD karena investasinya tidak mungkin dari APBD," terangnya.

Bendungan Kamijoro diketahui memiliki kapasitas sekitar 3000 liter per detik yang berfungsi untuk menjamin ketersediaan air bersih di Kabupaten Bantul dan Kulon Progo.  

Adapun air dengan kuantitas 2,3 meter kubik/detik dimanfaatkan untuk pengairan sawah petani.

Pemanfaatan air bersih dari Kamijoro juga dibagi untuk Kulon Progo sebesar 300 liter per detik, dan Bantul 200 liter per detik. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Yuwantoro Winduajie
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved