Breaking News:

Yogyakarta

Pemda DI Yogyakarta Tunggu Arahan Kemenkes untuk Hadapi Varian Corona Jenis Baru

Langkah penanganan sangat bergantung berdasarkan keputusan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang dianggap memiliki kompetensi di bidangnya.

Tribunjogja.com / Yuwantoro Winduajie
Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemda DIY masih menunggu arahan dari Kementerian Kesehatan terkait langkah yang harus ditempuh di daerah setelah virus korona varian baru memasuki Indonesia.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji menuturkan, Pemda DIY tidak memiliki kemampuan untuk mendeteksi keberadaan virus jenis baru.

Sehingga langkah penanganan sangat bergantung berdasarkan keputusan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang dianggap memiliki kompetensi di bidangnya.

Baca juga: Virus Korona Varian Baru Masuk Indonesia, Ini Tanggapan Gubernur DI Yogyakarta

"Tentang COVID-19 kita ini tidak punya prediksi terhadap virus baru. Jadi sepenuhnya kita serahkan kepada Kemenkes lalu apa yang kita lakukan tentu saja Kemenkes akan selalu kontak dengan WHO," terang Aji di kantornya (3/3/2021).

Lebih jauh, Aji pun meminta kepada perguruan tinggi maupun lembaga riset yang ada di DIY untuk turut serta dalam upaya pelacakan virus-virus jenis baru yang belum dikenali.

Pasalnya perguruan tinggi di DIY dianggap memiliki potensi dan keterampilan di bidang tersebut.

Selain itu perguruan tinggi juga memiliki kewajiban untuk menggelar penelitian dan pengabdian untuk kepentingan masyarakat luas.

Baca juga: Epidemiolog UGM Paparkan Kemungkinan Penyebaran Varian Baru Covid-19 di Indonesia

"Daerah sendiri tentu tidak bisa melakukan deteksi terhadap virus baru kecuali dilakukan di beberapa laboratorium perguruan tinggi," kata Aji.

Aji mencontohkan, tahun lalu Tim Peneliti dari Universitas Gadjah Mada berhasil menemukan empat mutasi virus COVID-19 berkat penelitian yang dilakukan di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

"Mereka menyampaikan temuan baru itu ke Kemenkes baru nanti Kemenkes ada kebijakan apa yang harus dilakukan. Dari sana kita akan ikuti instruksi perintah dan arahan apa yang perlu kita lakukan," terangnya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Yuwantoro Winduajie
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved