Breaking News:

Yogyakarta

Presiden Jokowi Resmikan KRL Yogyakarta-Solo, Sri Sultan Harap Masyarakat Bisa Tepat Waktu

Usai peresmian KRL, Jokowi berkesempatan menjajal KRL tersebut bersama rombongan tamu undangan menuju stasiun Balapan Solo.

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Miftahul Huda
Prosesi peresmian KRL di stasiun besar Yogyakarta dan suasana hangat didalam kereta antara Presiden Jokowi dan rombongan saat bertolak ke Solo, Senin (1/3/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di terhadap pedagang di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Stasiun Tugu Yogyakarta  untuk meresmikan Kereta Rel Listrik (KRL) relasi Yogyakarta-Solo, Senin (1/3/2021).

Jokowi sampai di Stasiun Tugu Yogyakarta sekitar pukul 10.46 bersama rombongan terdiri dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Menteri Sekretariat Negara Pratikno serta beberapa pejabat negara lainnya, termasuk pejabat dari pemerintah DIY.

Hadir terlebih dahulu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang terlihat meninjau beberapa fasilitas Stasiun Tugu Yogyakarta sebelum diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan KRL merupakan transportasi massal yang ramah lingkungan.

Baca juga: Jokowi Resmikan Operasional KRL Yogya-Solo: Efisiensi yang Bagus

"Ini adalah sebuah transportasi massal yang ramah lingkungan. Tadi saya diberitahu, disampaikan bahwa KRL ini lebih cepat dibandingkan Prameks, terpaut kira-kira sepuluh menit lebih cepat," ungkap Jokowi.

Selain itu, lanjut Presiden Jokowi, dari segi biaya operasi KRL jauh lebih rendah dibandingkan kereta Prambanan Ekspres (Prameks).

Melalui subsidi Public Service Obligation (PSO), biaya operasional per penumpang per kilometer cuma Rp290, di mana sebelumnya adalah Rp640 per penumpang per kilometer.

"Ini sebuah efisiensi yang bagus sekali. Dan juga yang paling penting kereta listrik ini ramah lingkungan," ucap Mantan Wali Kota Solo tersebut.

Jokowi pun berharap KRL ini menjadi pioner transportasi ramah lingkungan.

Tidak hanya kereta api, namun ke depannya seluruh kendaraan di Tanah Air bisa memanfaatkan teknologi listrik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved