Breaking News:

Nasional

Kisah Artidjo Alkostar dan Penghargaan Satya Lencana yang Tidak Terealisasi

Satya Lencana Karya Satya adalah sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada PNS yang telah berbakti selama 10 atau 20 atau 30 tahun.

TRIBUNJOGJA.COM / Ardhike Indah
Suasana pemakaman Dewan Pengawas KPK dan Mantan Hakim Agung RI, Artidjo Alkostar di Kompleks Pemakaman Keluarga Besar UII, Senin (1/3/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kepergian Artidjo Alkostar, mantan Hakim Agung Republik Indonesia (RI) menyisakan banyak duka, untuk masyarakat dan juga lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua KPK, Firli Bahuri menyebut, ada satu hal yang belum terealisasi semasa hidup Artidjo.

Hal itu adalah mendapatkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya.

Diketahui, Satya Lencana Karya Satya adalah sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah berbakti selama 10 atau 20 atau 30 tahun.

Baca juga: Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar Tutup Usia

Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada PNS yang secara terus menerus menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetian dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya.

“Kami tidak bisa memberikan apapun pada beliau. Justru beliau yang memberikan banyak inspirasi kepada kami,” ungkap Firli sebelum pemakaman Artidjo Alkostar di Auditorium Prof KH Abdul Kahar Mudzakir Universitas Islam Indonesia (UII), Senin (1/3/2021).

Ia menjelaskan, pihaknya ingin memberi penghargaan Satya Lencana untuk Artidjo. Namun, hingga meninggal, penghargaan itu tidak terealisasi.

“Beliau selalu memberi teladan kepada kami. Kami ingin mencari data satya lencana jasa penghargaan pada beliau, ternyata tidak bisa. Padahal itu untuk syarat pemakaman di Taman Makam Pahlawan (TMP),” tambah Firli.

Sebagai Ketua KPK, Firli sering bekerja sama dengan Artidjo yang menjadi Dewan Pengawas KPK.

Halaman
12
Penulis: Ardhike Indah
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved