Breaking News:

Pendidikan

LPPM UIN Suka Bekerja Sama Mengembangkan Eduwisata Kampung Bendosari

LPPM dan Kampung Jamur Bendosari juga sepakat untuk saling bermitra dalam berbagai kegiatan yang dirancang ke depan. 

Penulis: Maruti Asmaul Husna | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Kerja sama LPPM UIN Suka dengan kelompok tani kampung jamur, Bendosari, Moyudan, Sleman, dalam hal pengelolaan Kebun Buah dan Eduwisata Bendosari. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melakukan kerja sama  pengembangan Kebun Eduwisata Bendosari, Sumbersari, Kapanewon Moyudan, Sleman. 

Naskah perjanjian kerja sama ditandatangani oleh Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPPM) UIN Suka, Dr Muhrisun, didampingi Ketua Pembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM), Trio Yonathan Tejo Kusumo, dan Ketua Perkumpulan Kelompok Tani Kampung Jamur Bendosari, Waldi, bertempat di lokasi Eduwisata Kampung Jamur, Bendosari, Rabu (24/2/2021). 

Hadir dalam acara penandatangan naskah kerja-sama ini, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga, Dr Arifah Khusnuryati; Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga, Fathurrahman Ghufron; Panewu Moyudan, Drs Arifin; dan Katua LPK Kayu Manis, Anton.

Baca juga: Gandeng UIN Sunan Kalijaga, Kalurahan Guwosari Pajangan Bantul Bangun Shelter tingkat Kapanewon

Muhrisun menjelaskan, melalui kerja sama ini, pengelola Eduwisata Kampung Jamur dan LPPM sepakat untuk bersinergi dalam mengembangkan potensi daerah melalui pengembangan Eduwisata dan pemberdayaan masyarakat di wilayah sekitar lokasi Eduwisata. 

"UIN Sunan Kalijaga berterima kasih telah dilibatkan dalam kolaborasi pembangunan Agro dan Ecowisata di Kapanewon Moyudan. Kami yakin, UIN Sunan Kalijaga dapat membantu dari banyak segi, bukan hanya dana, tetapi juga pikiran dan keahlian dari para dosen dan mahasiswa," beber Muhrisun melalui keterangannya, Kamis (25/2/2021). 

Melalui kerja sama ini, UIN Sunan Kalijaga dapat mengirimkan delegasi pendampingan dari mahasiswa sesuai bidang keilmuannya, membuka kesempatan bagi delegasi UIN Sunan Kalijaga untuk sharing knowledge dan data untuk keperluan penelitian dan pengabdian masyarakat. 

Kampung Jamur Bendosari juga menyediakan lokasi untuk pelaksanaan Program KKN, kuliah lapangan, dan kegiatan pengembangan akademik di lapangan lainnya. 

Selain itu, Kampung Bendosari menyediakan lokasi dalam mengakomodasi berbagai kegiatan dan karya di lapangan.

Baca juga: LPPM UIN Sunan Kalijaga Launching Warung Terpadu Warga Binaan

LPPM dan Kampung Jamur Bendosari juga sepakat untuk saling bermitra dalam berbagai kegiatan yang dirancang ke depan. 

Sementara itu, dalam sambutannya, Panewu Moyudan menyampaikan, wilayah Kabupaten Sleman bagian barat memiliki keunggulan potensi di bidang pertanian. 

Wilayah ini memiliki banyak lahan produktif.

Satu di antaranya Kebon Bendosari yang diharapkan bisa dikembangkan menjadi potensi unggulan di Kapanewon Moyudan. 

Pihaknya berharap melalui sentuhan keilmuan dari  UIN Sunan Kalijaga bisa dikembangkan Agro dan Ecowisata di Kampung Bendosari menjadi unggulan. ( Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved