Breaking News:

Buah Bibir

BUAH BIBIR - Jessy Wijaya Rasakan Akulturasi Budaya Tionghoa di Yogyakarta

Sebagai keturunan Tionghoa yang lahir di Medan, Jessy Wijaya merasa sangat senang bisa merasakan budaya Tionghoa di Yogyakarta.

istimewa
Jessy Wijaya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Sebagai keturunan Tionghoa yang lahir di Medan, Jessy Wijaya merasa sangat senang bisa merasakan budaya Tionghoa di Yogyakarta.

Menurutnya, merupakan sesuatu yang baru melihat bagaimana etnis Tionghoa di Kota Pelajar telah mengalami akulturasi budaya.

“Di Medan orang Tionghoa memiliki budaya yang sangat kental. Senang sekali bisa belajar akulturasi budaya di Yogya. Di mana orang Tionghoa jago bahasa Jawa. Bahkan ada yang lebih fasih bahasa Jawa dari pada Tionghoanya,” ungkap Jessy.

Top 6 Koko Cici Jogja 2020 ini mengatakan, tujuan utamanya mengikuti ajang Koko Cici adalah untuk melestarikan budaya.

Baca juga: BUAH BIBIR : Budiani Rahma Savitri Terapkan Pola Makan Sehat

“Di sini budaya Tionghoa tidak sekental di Sumatera Utara, saya ingin memperkenalkan lagi budaya Tionghoa di sini. Saya juga ingin belajar budaya Tionghoa di Yogya,” ucap dara kelahiran Medan, 7 Maret 1996 ini.

Alumnus S-1 Fakultas Kedokteran Gigi UGM angkatan 2014 ini menuturkan, hingga kini dirinya pun masih aktif terlibat dalam organisasi Koko Cici.

Ia menjabat sebagai koordinator divisi eksternal Ikatan Koko Cici Jogja angkatan 2020.

Dengan peran itu, ia bertugas mengoordinasikan hubungan dengan pihak luar.

“Semisal kalau ada event dan kegiatan, jika ada yang ingin berkolaborasi dengan Koko Cici. Ketika Koko Cici ada program kerja tambahan, kami akan di-rolling lagi perannya,” kata anak sulung dari dua bersaudara ini.

Di samping itu, selama ada Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) 2021 ini, Jessy dan teman-teman pun turut andil dalam melancarkan kampanye PBTY.

“PBTY kali ini virtual. Karena itu kami punya tantangan tim Koko Cici Jogja yang melakukan campaign PBTY. Teman-teman yang mau berpartisipasi bisa turut meramaikan dan mempromosikan acara, semisal pasang Twibbon PBTY di media sosialnya,” bebernya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved