Breaking News:

Selebgram Anya Geraldine Sebut Candi Borobudur di Yogya, Sekda Kabupaten Magelang Kecewa

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magelang, Adi Waryanto mengaku kecewa terkait dengan postingan salah seorang selebgram

TRIBUNJOGJA/ Yosef Leon Pinsker
Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto memberikan keterangan kepada wartawan, Kamis (25/2/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magelang, Adi Waryanto mengaku kecewa terkait dengan postingan salah seorang selebgram yang menyebut bahwa Candi Borobudur berada di wilayah administrasi Yogyakarta.

Adi menyebut pihaknya juga merasa sedikit dirugikan akibat misinformasi dari candi yang menjadi ikon dari Kabupaten Magelang itu.

"Paling tidak ikon dari Magelang kan itu jadi agak tersisih, yang mestinya Magelang tahunya menjadi Jogja," kata Adi, Kamis (25/2/2021).

Baca juga: KPK Simpulkan Dugaan Korupsi Stadion Mandala Krida Pada Perencanaan Spesifikasi, Ini Penjelasannya

Adi menambahkan, misinformasi itu tentunya juga berdampak pula pada turunan lain di sektor pariwisata Kabupaten Magelang.

Informasi yang keliru terkait letak Candi Borobudur bisa saja menyebabkan wisatawan memilih menginap di Yogya dibanding Magelang.

"Sudah barang tentu ya, dengan begitu kan mereka tahunya Yogya berarti nginapnya nanti harus di Yogya tapi kalau dia tahu di Magelang ya pastinya menginap di sini juga," imbuhnya.

Dia menyebut, pihaknya juga bakal terus melakukan sosialisasi kepada para pelaku wisata agar mampu memberi edukasi kepada masyarakat luas, sehingga misinformasi terkait keberadaan Candi Borobudur tersampaikan dengan baik.

"Upaya edukasi dan sosialisasi lewat pelaku wisata maupun usaha pariwisata terus kami kembangkan, termasuk dari teman-teman media agar membantu menjelaskan dan edukasi ke masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Sebelum Dilantik, Bupati Gunungkidul Terpilih Sunaryanta Aktif Berolahraga

Sebelumnya diberitakan, postingan salah seorang selebgram menjadi viral di sosial media.

Dalam postingannya, Anya Geraldine mengunggah sebuah foto yang menerangkan bahwa gambar tersebut berlokasi di Yogya.

postingan Anya Geraldine
postingan Anya Geraldine (Istimewa)

Padahal foto tersebut berlokasi di plataran heritage hotel and resort Borobudur, Magelang.

Sontak postingan tersebut mendapat reaksi yang beragam dari warganet.

Komentar yang muncul pun tidak hanya berisi protes karena Anya menyebutkan lokasi yang salah, namun cukup banyak pula warganet yang tidak tahu bahwa Candi Borobudur berada di Kabupaten Magelang. (jsf) 

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved