Breaking News:

Prakiraan Cuaca

PRAKIRAAN Cuaca Jumat, 26 Februari 2021, BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat di 20 Wilayah Indonesia

adan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi mengenai prakiraan cuaca untuk besok Jumat, 26 Februari 2021.

Penulis: Tribun Jogja
Editor: Joko Widiyarso
tribunnews.com
Ilustrasi prakiraan cuaca 

TRIBUNJOGJA.COM– Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  merilis  informasi mengenai prakiraan cuaca untuk besok Jumat, 26 Februari 2021.   

Dalam laman resminya, bmkg.go.id, BMKG menyatakan sebanyak dua puluh daerah di Indonesia masih berpotensi tinggi untuk diguyur hujan lebat disertai angin kencang

Baca juga: MODIFIKASI MOTOR : Ganteng Nih, Honda Supra GTR 150 Usai Dirombak Habis

Baca juga: BREAKING NEWS : Kecelakaan Maut di Magelang, Empat Orang Tewas

Dilansir dari Instagram milik BMKG, @infobmkg, Pulau Sumatera, secara umum cerah berawan hingga berpotensi diguyur hujan ringan. Namun untuk beberapa daerah seperti Lampung, Bengkulu, bagian barat Sumatera Selatan , Sumatera Barat, dan Sumatera Utara berpotensi hujan sedang.

Kemudian di Pulau Jawa secara umum berpotensi hujan ringan hingga hujan sedang. Akan tetapi untuk sebagian wilayah Banten dan Jawa Barat bagian barat berpotensi hujan lebat.  

PEngguna jalan menggunakan jas hujan saaat melintas di jalan Panembahan Senopati, Kota Yogyakarta, Kamis (13/8/2020). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta menyebutkan terjadi gangguan cuaca sesaat berupa belokan atau perlambatan kecepatan arah angin di wilayah Pulau Jawa dan hal inilah yang memicu turunnya hujan di musim kemarau ini.
PEngguna jalan menggunakan jas hujan saaat melintas di jalan Panembahan Senopati, Kota Yogyakarta, Kamis (13/8/2020). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta menyebutkan terjadi gangguan cuaca sesaat berupa belokan atau perlambatan kecepatan arah angin di wilayah Pulau Jawa dan hal inilah yang memicu turunnya hujan di musim kemarau ini. (TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri)

Sementara itu, Pulau Kalimantam secara keseluruhan cerah hingga berpotensi hujan ringan. Akan tetapi, wilayah bagian barat Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara diperkirakan hujan sedang hingga lebat.

Di Pulau Sulawesi, secara umum berpotensi berawan hingga diguyur hujan ringan. Akan tetapi, kawasan bagian utara Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Baca juga: Pertandingan Mobile Legend di Kejurda eSport DIY Sudah Masuk Putaran Final

Baca juga: Penuhi Panggilan Ombudsman, Biro Hukum Pemda DIY Sampaikan Tak Ada Pelarangan Demo di Malioboro

Adapun di Pulau Bali, Nusa Tenggara Barat (NTT), dan Nusa Tenggara Barat (NTB) secara umum berpotensi diguyur hujan ringan hingga sedang. Akan tetapi sebagian daerah NTT berpotensi hujan lebat.  

Pulau Maluku dan Papua secara umum hujan ringan hingga hujan sedang.

Dilansir dari Tribunnews (25-02), BMKG turut menyatakan bahwa terpantau adanya Bibit Siklon Tropis 985 DI Samudra Hindia, selatan Jawa Barat.

Bibit Siklon Tropis ini kemudian menciptakan daerah pertemuan perlambatan kecepatan angin (konvergensi), yang memanjang dari Jawa Barat hingga pesisir selatan Jawa Tengah.

Ilustrasi hujan deras disertai angin kencang
Ilustrasi hujan deras disertai angin kencang ()
Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved