Breaking News:

Internasional

Israel Bangun Proyek Seukuran Lapangan Sepakbola di Dekat Fasilitas Nuklir

Associated Press mengabarkan Israel tengah membangun proyek di sebuah fasilitas nuklir di Pusat Penelitian Nuklir Shimon Peres Negev di Dimon

PLANET LABS INC via AP PHOTO
Pada Senin (22/2/2021), foto satelit dari Planet Labs Inc menunjukkan pembangunan di Pusat Penelitian Nuklir Shimon Peres Negev dekat kota Dimona, Israel. Sebuah fasilitas nuklir Israel yang telah lama dirahasiakan yang melahirkan program senjata atom yang tidak diumumkan sedang menjalani apa yang tampaknya menjadi proyek konstruksi terbesarnya dalam beberapa dekade, menurut foto satelit yang dianalisis oleh Associated Press. 

TRIBUNJOGJA.COM, TEL AVIV – Associated Press mengabarkan Israel tengah membangun proyek di sebuah fasilitas nuklir di Pusat Penelitian Nuklir Shimon Peres Negev di Dimon.

Pembangunan tersebut dilakukan di sebuah fasilitas nuklir rahasia di pusat program senjata atom yang tidak diungkapkan oleh Israel.

Associated Press mengabarkan berita tersebut berdasarkan temuan citra satelit yang telah dianalisis oleh media tersebut.

Associated Press melaporkan, menurut citra satelit itu, ada aktivitas penggalian seukuran lapangan sepak bola di dekat reaktor nuklir tua di Pusat Penelitian Nuklir Shimon Peres Negev di Dimon.

Fasilitas itu telah lama menjadi tempat laboratorium bawah tanah berusia puluhan tahun.

Laboratorium itu memproses kembali batang reaktor bekas untuk mendapatkan plutonium tingkat senjata untuk program bom nuklir Israel.

Kendati demikian, Associated Press belum mengetahui untuk apa pembangunan proyek yang berkaitan dengan nuklir tersebut.

Ketika ditanya Associated Press, pemerintah Israel enggan memberikan jawaban terperinci mengenai proyek tersebut.

Di bawah kebijakan ambiguitas nuklirnya, Israel tidak membenarkan atau menyangkal memiliki senjata nuklir.

Israel sendiri merupakan salah satu di antara empat negara yang tidak pernah bergabung dengan Perjanjian Non-Proliferasi, sebuah perjanjian internasional yang dimaksudkan untuk menghentikan penyebaran senjata nuklir.

Baca juga: Sistem Pertahanan Udara Suriah Sukses Runtuhkan Rudal Pesawat Tempur Israel

Baca juga: Detik-detik Agen Israel Bunuh Ilmuan Nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh, Dipantau Selama 8 Bulan

Halaman
123
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved