Breaking News:

Yogyakarta

Dinpar DI Yogyakarta Lakukan Kerja Sama Wisata dengan FKD-MPU

FKD MPU merupakan forum silahturahmi untuk kerja sama pembangunan yang dijalin oleh enam provinsi se-Jawa dan Bali.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebagai upaya meningkatkan sektor wisata di wilayah Yogyakarta, Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY membuka kerja sama dengan forum kerja sama daerah (FKD) Mitra Praja Utama di industri pariwisata.

FKD MPU merupakan forum silahturahmi untuk kerja sama pembangunan yang dijalin oleh enam provinsi se-Jawa dan Bali.

Adapun, keenam provinsi yang membangun kerja sama tersebut ialah Provinsi Jawa Barat, Privinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi D.I Yogyakarta, Provinsi Jawa Timur, dan Provinsi Bali.

Baca juga: Antisipasi Sebaran COVID-19 dari Sektor Pariwisata, Pemkot Yogya dan GIPI Jalin Sinergi

Kepala Dinpar DIY, Singgih Raharjo menjelaskan, kerja sama wisata yang akan dilakukan berupa promosi wisata dari provinsi satu ke provinsi yang lain.

"Saat ini kan, target wisata difokuskan uktuk wisatawan domestik dan lokal. Karena, kalau menunggu wisatawan mancanegara belum bisa diprediksikan kapan akan bisa dibuka, jadi kami manfaatkan apa yang sudah didepan mata. Dengan kerja sama ini, akan memudahkankan bertukar informasi wisata antar tiap provinsinya,"jelasnya kepada Tribunjogja.com, pada Kamis (25/02/2021).

Ia menambahkan, dengan adanya sistem yang terjalin akan mengurangi risiko penyebaran informasi wisata yang tidak benar (hoaks).

Sehingga, wisatawan yang akan berkunjung ke satu di antara provinsi tidak merasa was-was ataupun khawatir.

Baca juga: Pelaku Pariwisata di DI Yogyakarta Mulai Mendaftar Sebagai Penerima Vaksin

"Kerja sama ini pun, bisa menjadi media kami untuk memberikan informasi yang  valid terkait kondisi pariwisata di masing-masing provinsi. Jadi, sistemnya lebih terarah lagi," ujarnya.

Tak hanya itu, menurutnya melalui sinergisitas tersebut, juga akan sebagai wahana edukasi bagi pelaku wisata baik dari sisi industri maupun konsumennya.

Karena, secara tidak langsung melalui informasi yang diberikan akan menggambarkan cara berwisata yang baik di saat pandemi.

"Tentu banyak sekali hal yang baik dari kerja sama antar provinsi ini. Kebijakan tersebut, terus kami sempurnakan dengan harapan bisa menjadi dorongan untuk pemulihan sektor wisata di Tanah Air," tambahnya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved