Breaking News:

Kabupaten Bantul

Tumbuhkan Potensi Kewirausahaan, Disdikpora Bantul Gelar Pelatihan bagi Kalangan Pemuda

Kegiatan ini merupakan komitmen yang dilakukan dalam upaya pengembangan kewirausahaan di kalangan pemuda, mengingat besarnya potensi di Bantul

Tribunjogja/Hanif Suryo
Kepala Dikpora Bantul, Isdarmoko berbincang bersama salah satu peserta wirausaha muda, Selasa (23/2/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul (Disdikpora) Bantul bersinergi dengan PT BPR Bank Bantul dan BPC Hipmi Bantul, melaksanakan pelatihan bertajuk 'Penumbuhan Potensi Pemuda Bidang Kewirausahaan' yang digelar di Aula Bank Bantul, 23-25 Februari 2021.

Kegiatan ini merupakan komitmen yang dilakukan dalam upaya pengembangan kepemudaan, mengingat besarnya potensi yang dimiliki pemuda di Kabupaten Bantul.

"Konsep yang kami lakukan mungkin agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Apabila di tahun sebelumnya basic peserta adalah lingkup satu Kabupaten, akan tetapi mulai tahun ini kami merencanakan dengan lingkup peserta adalah kapanewon, sehingga diharapkan dapat langsung menuju sasaran dan memaksimalkan potensi wilayah kapanewon masing-masing," ujar Kepala Disdikpora Bantul, Isdarmoko, Selasa (23/2/2021).

"Muaranya adalah membekali para generasi muda kita untuk berkreasi, inovatif, menjadi pemuda yang hebat, tidak hanya berpangku tangan untuk mengatasi persoalan hidupnya.

Makanya ini kami siapkan, termasuk ketika generasi muda ini masih di usia sekolah melalui berbagai kegiatan misal seminar, dan juga pelatihan," tambahnya.

Lebih lanjut Isdarmoko mengatakan, angka pencari kerja luar biasa jumlahnya. Untuk itu, melalui kegiatan pelatihan ini merupakan upaya membina dan menyiapkan potensi generasi muda dan bukan hanya menunggu datangnya pekerjaan apalagi hanya mengejar PNS.

"Bidang usaha lainnya kan juga luar biasa besar potensinya dari berbagai sektor. Ini yang patut kita tumbuhkan, sebab kalau tidak kita bekali dari sisi manajemennya, marketingnya, permodalannya, ini kan nantinya akan menjadi mandek. Makanya peluang ini kita buka," ujarnya.

Baca juga: Kemenparekraf Lakukan Promosi Wisata Melalui Table Top yang Pertama di DIY 

Baca juga: Sudah Memaafkan Anggota DPRD Bantul, Relawan Tak Tempuh Jalur Hukum

Adapun peserta dalam kegiatan, Selasa (23/2/2021) sebanyak 30 peserta yang memiliki KTP Kapanewon Dlingo, berusia 16-30 tahun, dan semua sudah memiliki rintisan usaha minimal 1 tahun.

Dari total 75 pendaftar, kemudian dilakukan proses seleksi terlebih dulu hingga akhirnya terpilih total 30 peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan.

Dalam kegiatan pelatihan ini, dihadirkan beberapa narasumber dari berbagai disiplin ilmu dan keahlian, baik tingkat regional maupun nasional.

Halaman
12
Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved