Breaking News:

Jawa

PPKM Mikro Diperpanjang, Pemkab Magelang Minta Pemerintah Desa Bentuk Ruang Isolasi Terpusat

Pemerintah desa di kawasan Magelang diminta untuk segera menyiapkan ruang isolasi bagi pasien bergejala ringan ataupun tidak bergejala.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kabupaten Magelang 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah desa di kawasan Magelang diminta untuk segera menyiapkan ruang isolasi terpusat dikhususkan bagi pasien bergejala ringan atau pun tidak bergejala.

Hal itu bertujuan untuk menindaklanjuti perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, dalam menyiapkan ruang isolasi terpusat itu, pemerintah desa diminta untuk melakukan kajian secara matang dan menggunakan dana desa untuk biaya operasionalnya. 

"Dari 367 desa dan lima kelurahan, wajib memiliki atau menyiapkan satu ruang khusus bagi pasien bergejala ringan atau pun tidak bergejala, namun tempat tinggalnya tidak memenuhi syarat untuk tempat isolasi. Saat ini kami sudah minta pemerintah kecamatan untuk menyampaikan hal ini ke desa-desa," katanya, Minggu (21/2/2021).

Baca juga: Desa Kalibening, Kecamatan Dukun, Magelang Jadi Contoh Penerapan PPKM Mikro Nasional

Dia mengklaim bahwa sejak PPKM Mikro dilaksanakan pada 9 Februari lalu, terbukti mampu menurunkan angka penambahan pasien terkonfirmasi baru.

Jika sebelum PPKM Mikro dilaksanakan jumlah pasien terkonfirmasi yang masih dalam penyembuhan mencapai lebih dari 300 orang, kini sudah dibawah 300 orang.

Tak hanya itu, angka kesembuhannya juga meningkat.

"Bahkan untuk tingkat Jawa Tengah, angka kesembuhan Kabupaten Magelang, masuk tiga besar. Dibawah Kabupaten Blora dan Temanggung. Angka kematiannya juga nomor empat terendah dibawah Kota Salatiga, Purworejo dan Cilacap," jelasnya.

Sejak PPKM Mikro dilaksanakan, semua menjadi lebih fokus baik dalam upaya pencegahan maupun perawatan dan pengobatan bagi pasien terkonfirmasi.

Apalagi di Jawa Tengah, sebelumnya sudah ada program jogo tonggo.

Halaman
123
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved