Breaking News:

Bisnis

Restrukturisasi Pinjaman Leasing di DI Yogyakarta Mencapai Rp3,73 Triliun

Capaian angka restrukturisasi leasing per Desember 2020 turun dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama dengan nilai Rp4,06 triliun.

Pixabay.com / Raten-Kauf
Ilustrasi pembiayaan leasing 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat nilai outstanding restrukturisasi pinjaman yang dilakukan lembaga pembiayaan (leasing) di wilayah Yogyakarta per Desember 2020 mencapai Rp3,73 triliun.

Data tersebut hasil realiasi dari 74 kantor cabang perusahaan pembiayaan.

Kepala OJK DIY,  Parjiman mengatakan, capaian angka restrukturisasi leasing per Desember 2020 mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama dengan nilai Rp4,06 triliun.

"Penurunan yang dialami leasing karena mayoritas pembiayaan disalurkan untuk kendaraan bermotor. Padahal selama pandemi kebutuhan alat transportasi tidak sebanyak masa normal," jelasnya kepada Tribunjogja.com, pada Sabtu (20/02/2021).

Baca juga: Lanjutkan Stimulus PEN 2021, Berikut Skema Penyaluran pada Perbankan dan Perusahaan Pembiayaan

Menurunnya restrukturisasi juga datang dari para debitur yang melunasi pinjamannya sehingga nilai performing loan (NPF) per Desember 2020 mendapatkan hasil yang baik sebesar 3,73 persen.

"Untuk kredit bermasalah selama pandemi justru melandai bila dilihat dari performence bulan sebelumnya yang menyentuh angka 5,11 persen," tuturnya.

Sementara itu, terkait adanya skema baru terkait stimulus 2021 dalam program pemulihan ekonomi nasional.

Pihaknya optimis,lembaga pembiayaan dapat berkontribusi untuk menggerakkan perekonomian di wilayah Yogyakarta. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved