Breaking News:

Berita Kesehatan

Nyeri Dada Merambat ke Tangan, Punggung Hingga Leher, Apa Penyebabnya?

jika Anda mengalami nyeri dada yang tidak diketahui penyebabnya yang berlangsung lebih dari beberapa menit, segera cari bantuan medis darurat

ist
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Penyebab nyeri dada bisa bermacam-macam. Dari mulai masalah kecil yang tak perlu dikhawatirkan semisal gangguan pencernaan. Hingga dipicu oleh indikasi kesehatan yang lebih serius semisal serangan jantung atau emboli paru.

Permasalahannya butuh keahlian untuk menemukan penyebab spesifik nyeri dada, terutama jika Anda belum pernah mengalami gejala sebelumnya. Dokter pun perlu menjalankan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui penyebabnya.

Namun yang perlu Anda ingat, jika Anda mengalami nyeri dada yang tidak diketahui penyebabnya yang berlangsung lebih dari beberapa menit, segera cari bantuan medis darurat daripada mencoba mendiagnosis penyebabnya sendiri.

Berikut ini beberapa penyebab nyeri dada yang perlu Anda ketahui ;

1. Serangan jantung

Serangan jantung terjadi ketika arteri yang memasok oksigen ke otot jantung Anda tersumbat. 

Serangan jantung dapat menyebabkan nyeri dada yang berlangsung beberapa menit atau lebih lama, atau juga dapat terjadi secara diam-diam dan tidak menimbulkan tanda atau gejala.

Banyak orang yang mengalami serangan jantung memiliki tanda peringatan berjam-jam, berhari-hari atau berminggu-minggu sebelumnya. 

Tanda peringatan paling awal dari penyumbatan arteri jantung mungkin merupakan episode nyeri dada yang sedang berlangsung yang dimulai saat Anda aktif secara fisik dan lega dengan istirahat. 

Namun, selama serangan jantung gejala tersebut muncul bahkan tanpa aktivitas fisik apa pun.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele Jika Alami 4 Gejala Ini, Bisa Jadi Sinyal Tubuh Tanda Serangan Jantung

Halaman
1234
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved