Breaking News:

Instruksi Kapolri soal Narkoba, Polda DIY: Teknisnya Dilakukan oleh Pengawas Internal dan Provos

Menurut Yulianto, apabila kesalahan anggota dinilai ringan, tentunya hukuman yang dijatuhkan tidak sampai dipecat. Tergantung dari fakta

TRIBUNJOGJA.COM / Irvan Riyadi
Kabid Humas Polda DIY, Kombespol Yulianto 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan instruksi kepada Polda Jajaran, seusai tertangkapnya Kapolsek Astana Anyar, Polrestabes Bandung, Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi bersama jajarannya, atas dugaan penyalahgunaan narkoba.

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Kabidhumas Polda DIY), Kombes Pol Yulianto menyampaikan, isi dari instruksi Kapolri jelas, meminta supaya anggota Polri tidak main-main dengan narkoba. 

Bahkan, kata dia, ancamannya juga jelas dan berat. Anggota yang menyalahgunakan barang haram dapat diproses secara pidana.

Kemudian, ada juga sidang disiplin dan sidang etika profesi. Untuk sidang disiplin, ancaman hukumannya macam-macam.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Besok, 21 Februari 2021, BMKG: Waspada Hujan Lebat disertai Angin Kencang

Bisa penundaan pangkat, demosi berupa pelepasan jabatan dan lain sebagainya. Sedangkan sidang etika profesi ancaman hukumannya bisa dipecat. 

"Tergantung bobot kesalahan anggota," kata dia, Sabtu (20/2/2021). 

Menurut Yulianto, apabila kesalahan anggota dinilai ringan, tentunya hukuman yang dijatuhkan tidak sampai dipecat. Tergantung dari fakta dan hasil persidangan. Namun yang pasti, kata dia, instruksi Kapolri menegaskan bahwa anggota kepolisian tidak boleh main-main sama narkoba. 

"Main-main itu ya nggak boleh menyalahgunakan, nggak boleh make lah," ungkap dia. 

Berdasarkan pemberitaan media, telegram Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang dikeluarkan pada tanggal 19 Februari 2021 kepada Kapolda jajaran berisi 11 Instruksi.

Satu di antaranya, memerintahkan segera melaksanakan giat tes urine kepada seluruh anggota Polri di setiap satuan kerja dan satuan wilayah, guna mencegah dan mengetahui terjadinya penyalahgunaan narkoba serta melaporkan pelaksanaannya. 

Halaman
123
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved