Breaking News:

KONI DIY Anggarkan Rp 350 Juta untuk POWARNAS XII Tahun 2021

Komite Olahraga Nasional Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (KONI DIY) telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 350 juta

Istimewa
KONI DIY Anggarkan Rp 350 Juta untuk POWARNAS XII Tahun 2021 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komite Olahraga Nasional Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (KONI DIY) telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 350 juta untuk Tim Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) DIY.

Rencananya mereka akan berlaga dalam ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (PORWANAS) XIII Tahun 2021. 

Sesuai jadwal gelaran tiga tahunan tersebut akan diadakan di Malang Raya, Jawa Timur pada bulan September 2021 mendatang. 

Baca juga: Wawancara Eksklusif Rektor UNY, Bahas Soal Jalur Masuk hingga Prodi Favorit Mahasiswa Baru

"Hari (19/2/2021) ini kami beraudiensi dengan SIWO PWI DIY, dalam rangka persiapan PORWANAS. Prinsip KONI DIY akan mensupport' penuh, terkait dengan persiapan SIWO PWI menuju PORWANAS. Mulai dari puslatda sampai ke eventnya, anggaran juga sudah disiapkan. Sehingga nanti kita minta SIWO PWI untuk siapkan atlet dan kontingen yang akan berlaga," ujar Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto, seusai audiensi di kantor setempat.

Pihaknya berharap, melalui persiapan ini Kontingen DIY dapat berlatih semaksimal mungkin guna mencapai hasil yang ditargetkan. 

Dalam kesempatan itu, KONI DIY juga siap memfasilitasi tempat latihan bagi para atlet wartawan, seperti lapangan sepak bola, penyediaan 'masseur', layanan psikologi, hingga membekali SIWO PWI DIY dengan buku saku 'Makanan Sang Juara' untuk pemenuhan nutrisi bagi atlet/pelatih. 

Sementara itu Ketua SIWO PWI DIY Widyo Suprayogi yang hadir bersama Wakil Ketua Heri Susanto dan Sekretaris FX Harminanto, menjelaskan bahwa Kontingen DIY yang berjumlah 45 atlet dan 15 orang ofisial.

Nantinya mereka akan mengikuti 6 cabang olahraga (cabor) / subcabor dari total 9 cabor yang akan dipertandingkan dalam PORWANAS XIII Tahun 2021. Yaitu sepak bola, futsal, atletik, catur, bulutangkis, tenis meja, dan satu bidang lomba kompetensi.

"Kami hanya akan memberangkatkan atlet wartawan pada cabang olahraga yang berpotensi meraih medali. Jumlah ini berkurang dari (PORWANAS XII Tahun 2016) Jabar yang sekitar 80 orang. Dilakukan pengurangan supaya tidak membebani anggaran," urai Widyo. 

Perihal progres latihan Tim SIWO PWI DIY, dikemukakannya bahwa sejauh ini telah siap. Meski selama ini sedikit terkendala dengan keberadaan tempat latihan untuk cabor sepak bola misalnya. 

Namun dengan adanya bantuan pemenuhan fasilitas dari KONI DIY, persoalan tersebut pun jadi terselesaikan. Perihal venue latihan, secepatnya hal ini akan dikomunikasikan dengan Balai Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (BPO Disdikpora) DIY, selaku pengelola aset olahraga milik Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, guna mendukung persiapan latihan atlet. 

Baca juga: Wakil Ketua DPRD DIY Sayangkan Adanya Dugaan Korupsi Proyek Renovasi Stadion Mandala Krida

Terkait dengan wacana ditundanya ajang PORWANAS XIII Tahun 2021, SIWO PWI DIY masih menunggu kepastian tersebut dalam Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) pada bulan Maret 2021 mendatang. 

Meski demikian, sejauh ini Tim DIY tetap menjalankan program pelatihan hingga hari H. Tak lupa ucapan selamat juga turut disampaikan oleh Prof. Djoko kepada Kepengurusan SIWO PWI DIY Masa Bakti 2020-2025 yang sebelumnya telah dilantik dan mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari SIWO Pusat. 

Diharapkan kepengurusan yang baru ini dapat menjalankan amanah dan bekerja dengan lancar. Sinergisitas dengan KONI DIY pun diharapkan dapat terjalin dengan baik. (tsf)

Penulis: Taufiq Syarifudin
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved