Breaking News:

Pendidikan

FT UGM Rayakan Dies Natalis ke-75, Cetak Mahasiswa yang Lebih Siap Hadapi Tantangan Teknologi

FT UGM tengah merayakan dies natalis, yang dikenal pula dengan Hari Pendidikan Tinggi Teknik (HPTT), yang ke-75 atau lustrum yang ke-15. 

TRIBUNJOGJA.COM / Maruti Asmaul Husna Subagio
UGM 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Fakultas Teknik (FT) UGM tengah merayakan dies natalis, yang dikenal pula dengan Hari Pendidikan Tinggi Teknik (HPTT), yang ke-75 atau lustrum yang ke-15. 

Pada Rabu (17/2/2021), digelar Rapat Senat Terbuka untuk menyampaikan laporan, evaluasi, serta rencana untuk satu tahun ke depan oleh Dekan FT UGM, Ir Muhammad Waziz Wildan, MSc, PhD.  

Selain itu, disampaikan pula pidato dies natalis oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim, serta Dirjen Dikti, Prof Ir Nizam, MSc, DIC, PhD.

Waziz memulai laporannya dengan merenungkan bahwa selama tahun 2020 kemarin merupakan masa yang sulit bagi berbagai pihak di dunia, termasuk FT UGM, akibat pandemi COVID-19. 

Namun, ia menyebut FT UGM tetap berusaha menjalankan tugas-tugas tridarma, kerja sama, serta pelayanan sebaik-baiknya.

Baca juga: Peneliti UGM Kembangkan Spons dan Minyak Atsiri sebagai Antiinfeksi

“Tentu hal itu kami lakukan dengan berbagai penyesuaian. Misalnya saja penerapan protokol kesehatan, pelayanan secara daring, hingga adaptasi pembelajaran daring,” ungkapnya, Kamis (18/2/2021). 

Upaya tersebut, menurut Waziz, terbukti dari hasil-hasil pembelajaran serta penelitian dari sivitas FT UGM, baik itu dalam bentuk penghargaan, berhasilnya kegiatan, kerja sama maupun produk. 

“Total medali atau juara yang diraih mahasiswa FT UGM selama tahun 2020 sebanyak 1.258 buah, dan itu belum termasuk yang diraih dosen. Untuk produk riset, tercatat sebanyak 57 buah produk hasil penelitian telah diaplikasikan untuk mitigasi Covid-19. FT UGM juga aktif menjalin kerja sama dengan pemerintah, swasta, atau pun universitas lain, baik itu dalam negeri maupun luar negeri,” paparnya.

Berkaca dari tahun 2020 yang memaksa mengadaptasi banyak hal ke daring, Waziz menyatakan rencana dan pandangan FT UGM ke depannya. 

Halaman
123
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved