Breaking News:

Kota Yogyakarta

Empat Kecamatan di Kota Yogya Masuk Kategori Rawan Banjir, Masyarakat Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

Pemkot Yogyakarta menyebut Tegalrejo, Gondokusuman, Danurejan, serta Gondomanan masuk dalam kategori rawan banjir.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menyebut beberapa titik di wilayahnya, yang masuk dalam kategori rawan banjir.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun sudah mengeluarkan peringatan terkait potensi banjir di DIY 18-19 Februari 2021.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta, Nur Hidayat mengatakan, sejauh ini ada empat kecamatan yang termasuk rawan banjir.

Meliputi, Tegalrejo, Gondokusuman, Danurejan, serta Gondomanan, yang titiknya memang dilewati aliran Sungai Code.

"Kalau masalah banjir, tentunya yang dilewati sungai rawan semua, terutama Code, karena kaitannya dengan (Gunung) Merapi. Biasanya, lahar dingin kan lewat Boyong, arahnya kemudian ke Code," terangnya, Kamis (18/2/2021).

Baca juga: Hadapi Potensi Bencana Banjir di DI Yogyakarta, Pemda DIY Siapkan Langkah Antisipasi

Oleh sebab itu, ia menegaskan, potensi banjir tidak sebatas mengancam Gondokusuman dan Tegalrejo saja, seperti yang dirilis oleh BPBD DIY.

Sebab, masih banyak titik lainnya yang juga dilintasi aliran Code. Sehingga, masyarakat diminta supaya tidak lengah, serta senantiasa waspada.

"Begitu juga dengan longsor, kawasan yang tebingnya tinggi, tanahnya tidak terlalu padat, itu rawan. Semua yang berada di pinggir sungai punya potensi, ya," ungkapnya.

Sebagai antisipasi, Posko I di Ngentak, Sinduharjo, Sleman pun dijadikan ujung tombak untuk memantau debit ari dari hulu.

Dengan begitu, BPBD bisa mengirimkan laporan rutin kepada warga masyarakat yang berkediaman, maupun beraktivitas di dekat aliran sungai di wilayah kota.

Halaman
12
Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved