Breaking News:

Apa Itu Gerd? Apakah Bisa Disembuhkan? Bagaimana Cara Gerd Bisa Disembuhkan?

Bagi mereka yang menderita gastroesophageal reflux disesas atau Gerd pasti bisa membayangkan betapa menderitanya ketika gejala ini muncul.

medineplus
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Apa itu Gerd? Bagi mereka yang menderita gastroesophageal reflux disesas atau Gerd pasti bisa membayangkan betapa menderitanya ketika gejala ini muncul.

Penderita gastroesophageal reflux disesas atau Gerd pasti memahami rasa tidak nyaman yang terjadi ketika gejalanya memburuk, seperti sensasi terbakar menyakitkan di perut bagian tengah perut, dada dan tenggorokan.

Adapun Gerd adalah kondisi di mana asam lambung naik (refluks) dari perut ke kerongkongan karena sfingter esofagus bagian bawah atau lower esophageal sphincter (LES) tidak menutup saat makanan sampai di perut.

Akibatnya, asam lambung kembali naik melalui kerongkongan. Lambung memiliki lapisan keras untuk melindungi organ dari asam, sementara kerongkongan tidak sehingga jaringan esofagus yang sensitif dapat terluka jika Gerd terus kambuh.

Pada penderita Gerd, asam juga sering naik ke mulut dan merusak struktur lain. Menurut Healthline, terkadang asam akhirnya tersedot ke dalam tenggorokan dan paru-paru, sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan lain.

Beberapa komplikasi Gerd, antara lain esofagus Barrett, penyempitan esofagus, penyakit gigi, hingga kambuhnya asma. Gejala Gerd bisa menjadi serius, terutama pada orang tua.

Kondisi serius tersebut termasuk kerongkongan yang meradang parah atau kesulitan menelan.

Berkonsultasi dengan dokter adalah solusi yang paling tepat untuk menemukan penyebab kemunculan gejala Gerd yang kamu rasakan serta mendapatkan pengobatan yang tepat.

angan mencoba untuk mendiagnosanya sendiri atau mengambil langkah pengobatan berdasarkan keputusan pribadi.

Sebab, menurut WebMD, gejala umum seperti sakit dada juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan yang lebih serius.

Halaman
123
Editor: ribut raharjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved