Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Kembali Diundur, Berikut Keputusan Terbaru AFC

Karena situasi dan kondisi pandemi Covid-19 belum juga mereda, akhirnya AFC memutuskan untuk mengeser jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022

Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pemain timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum menghadapi timnas Malaysia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akhirnya memutuskan untuk mengeser jadwal lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Grup G dan bermain di venue netral atau sentralisasi.

 Seperti diketahui, sebelumnya untuk lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia rencananya bakal bergulir pada Maret mendatang.

Namun, karena situasi dan kondisi pandemi Covid-19 belum juga mereda akhirnya AFC memutuskan untuk mengeser jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Juni 2021.

AFC memang telah memutuskan untuk mengeser jadwal, tetapi keputusan itu akan segera dilaporkan kepada FIFA agar bisa menjadi sebuah putusan resmi.

Baca juga: Alasan Shin Tae-yong Tak Panggil Pemain yang Berkarier di Luar Negeri untuk TC di Timnas U-22

Baca juga: 36 Pemain yang Dipanggil Shin Tae-yong Jalani TC Timnas U-22, Kombinasi Pemain Senior hingga U-19

Walaupun pada dasarnya keputusan ini diambil oleh AFC setelah berdiskusi bersama negara-negara yang berada dalam Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Negara-negara yang setuju dengan bergesernya jadwal yakni, Indonesia, Vietnam, UEA, Thailand, Malaysia, dan beberapa negara Asia lainnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi juga mengatakan bahwa setelah berdiskusi panjang, akhirnya semua sepakat.

"Keputusan ini setelah PSSI dan negara-negara lain berdiskusi dan mendengarkan argumentasi dari AFC melalui virtual meeting," ujar Yunus Nusi sebagaimana dilansir BolaSport.com dari laman PSSI.

Timnas Senior Indonesia
Timnas Senior Indonesia (Kompas.com)

Bukan hanya itu, AFC bahkan memutuskan untuk menunda dua laga di Grup G di bulan Maret dan beberapa laga lainnya di zona Asia.

Dua laga tunda tersebut tak lain adalah laga lanjutan yang seharusnya mempertemukan timnas Indoensia dengan Thailand pada 25 Maret mendatang, diundur pada 3 Juni 2021.

Untuk laga kedua yang digeser juga yakni soal pertandingan antara timnas Indonesia dengan Uni Emirate Arab (UEA) pada 30 Maret 2021.

Dalam perubahan jadwal terbaru, pertandingan itu akan digelar pada 11 Juni 2021, dan semua negara yang hadir pun setuju dengan keputusan tersebut.

Alberto Beto Goncalves (tengah) saat tampil pada laga Indonesia vs Malaysia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019).
Alberto Beto Goncalves (tengah) saat tampil pada laga Indonesia vs Malaysia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). (KOMPAS.COM/GARRY LOTULUNG)

Sementara itu, tak hanya perubahan jadwal saja yang dilakukan oleh AFC pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini, tetapi terkait venue pertandingan juga.

AFC akan segera melakukan biding tuan rumah untuk lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang akan dilakukan pada 19 Februari mendatang.

Baca juga: PSSI dan PT LIB Bakal Gelar Pertandingan Simulasi Liga 1 2021, Berikut Jadwalnya

Baca juga: BERITA TIMNAS INDONESIA : Respon Shin Tae-yong saat Diberikan Target Medali Emas di SEA Games 2021

Meski baru akan melakukan biding tuan rumah, AFC sudah memutusakan bahwa untuk pertandingan lanjutan kualifikasi akan dilakukan di venue netral atau sentralisasi.

Lagi-lagi alasan pandemi Covid-19 yang membuat aturan venue sentralisasi menjadi pilihan dan solusi terbaik untuk saat ini.

"Ini tentu semua terkait dengan pandemi Covid-19 yang mereda dan beberapa negara tentu akan kesulitan masuk ke negara lain terkait protokol kesehatan di setiap negara," tuturnya.

( bolasport )

Sumber: BolaSport.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved