Breaking News:

Prakiraan Cuaca

BMKG Prediksi 24 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Sepekan Kedepan, Berikut Daftarnya

Sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di 24 provinsi.

via tribun lampung
logo BMKG 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) memperkirakan sepekan kedepan, mulai 15-21 Februari 2021 sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem.

Dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di 24 provinsi.

Tingginya curah hujan tersebut bisa memicu terjadinya bencana alam, mulai dari banjir, tanah longsor, angin kencang hingga pohon tumbang.

Warga yang tinggal di wilayah berpotensi terjadi cuaca ekstrem diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam siaran pers, Selasa (16/2/2021).

Guswanto menuturkan, dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah.

Wilayah-wilayah yang dimaksud adalah Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur.

Kemudian, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Selasa 16 Februari 2021, Waspadai Cuaca Ekstrem di Wilayah DIY, Jatim dan Jabar

Baca juga: Prakiraan Cuaca 16 Februari 2021, BMKG: 10 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

Guswanto mengatakan, Provinsi Jawa Tengah berada dalam status siaga terhadap potensi dampak banjir/banjir bandang selama dua hari ke depan yaitu tanggal 16 dan 17 Februari 2021.

Guswanto menjelaskan, analisis BMKG menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Halaman
12
Editor: Hari Susmayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved