Breaking News:

Walikota Terpilih Kota Magelang: Banyak Masyarakat yang Tanya Soal Pelantikan

"Saya manut aturan saja dari instansi di atas saja," kata Azis singkat saat dikonfirmasi, Senin (15/2/2021).

Istimewa
Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto (kiri) menyerahkan berita acara rapat umum pleno terbuka tentang penetapan Paslon Walikota dan Wakil Walikota Magelang terpilih kepada Walikota terpilih, Nur Azis (tengah) yang didampingi oleh Wakil Walikota terpilih, M Mansyur, Kamis ,(21/1/2021) malam di Hotel Atria. 

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Walikota terpilih Kota Magelang, Muchammad Nur Azis mengaku legawa terkait penundaan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih Kota Magelang periode 2021-2025.

Pelantikan itu sedianya diselenggarakan pada pertengahan bulan ini seiring dengan berakhirnya masa jabatan Walikota dan Wakil walikota Magelang periode 2015-2020.

"Saya manut aturan saja dari instansi di atas saja," kata Azis singkat saat dikonfirmasi, Senin (15/2/2021).

Baca juga: Pemkot Pantau Perkembangan dan Sebaran Kasus Covid-19 di Pengadilan Negeri Yogyakarta

Penundaan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih Kota Magelang disebabkan karena menunggu gugatan sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK) rampung dengan status berkekuatan hukum tetap (inkrah).

Untuk itu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Otonomi Daerah telah mengeluarkan surat bernomor 120/738/OTDA yang dikeluarkan pada 3 Februari lalu dan mengintruksikan Gubernur jawa Tengah untuk menunjuk Sekretaris Daerah Kota Magelang sebagai Pelaksana harian (Plh) Walikota sampai pelantikan diselenggarakan.

Hanya saja, Azis menyebut sejumlah warga dan relawan telah banyak yang menanyakan kepada dirinya soal kapan pelantikan digelar.

Masyarakat disebut ikut serta menanti pergantian pucuk pimpinan Kota Magelang dan menunggu gebrakan Azis sebagai Walikota di Kota sejuta bunga itu.

Baca juga: Pengusaha Indekos Memilih Wait and See Terhadap Perkembangan Covid-19 di DI Yogyakarta

"Iya betul, sebagian masyarakat Kota Magelang ada yang mempertanyakan," imbuhnya.

Namun demikian, Azis mengaku akan mengikuti segala ketentuan dan juga aturan yang dilayangkan pemerintah pusat soal pelantikan dirinya sebagai Walikota Magelang baru.

"Tanyanya ya begitu, 'kapan Walikota barunya di lantik,' namun pada prinsipnya kami manut saja dengan regulasi dari Gubernur dan Kemendagri selaku instansi vertikal," pungkas dia. (jsf)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved