Breaking News:

Sah, DPRD Kabupaten Magelang Setujui Dana Cadangan Pilbup 2024 Masuk Pembahasan Tahun 2021

DPRD Kabupaten Magelang menyepakati perubahan Promperda Tahun 2021 untuk memasukkan Raperda tentang dana cadangan Pilbup tahun 2024.

DOK. Humas DPRD Kabupaten Magelang
DPRD Kabupaten Magelang menyepakati perubahan Promperda Tahun 2021 untuk memasukkan Raperda tentang dana cadangan Pilbup tahun 2024 dalam Rapat Paripurna yang digelar secara virtual untuk menghindari penyebaran Covid-19, Senin (15/2/2021) 

TRIBUNJOGJA.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magelang bersama Bupati Magelang menyepakati perubahan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Promperda) Tahun 2021.

Promperda 2021 tersebut disetujui untuk memasukkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024 dan mengeluarkan Raperda tentang Rumah Susun.

Adapun, kesepakatan tersebut dilakukan dalam rapat paripurna yang digelar secara virtual untuk menghindari penyebaran Covid-19, Senin (15/2/2021).

Hadir dalam rapat ini para pimpinan DPRD Kabupaten Magelang di Gedung DPRD, Bupati Magelang Zaenal Arifin melalui video conference dari Rumah Dinas Bupati Magelang, dan para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dari Command Center Room Pusaka Gemilang Sekretariat Daerah.

Juru Bicara Bapemperda Arif Rahmanto menyatakan, proses ini telah melalui Rapat Kerja Bapemperda DPRD Kabupaten Magelang dengan Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah, serta Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang.

Rapat tersebut juga telah membahas Kesiapan Raperda Masa Sidang I dan Perubahan Propemperda Tahun 2021.

"Raperda ini telah diserahkan kepada DPRD Kabupaten Magelang oleh Bupati Magelang dan sudah pernah dibahas bersama dengan Pansus DPRD pada tahun 2019 namun belum selesai," katanya dalam keterangan tertulisnya.

Berdasarkan ketentuan pasal 80 ayat (6) Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Peraturan Daerah tentang Pembentukan Dana Cadangan ditetapkan sebelum persetujuan bersama antara Kepala Daerah dan DPRD atas Raperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Pembentukan Dana Cadangan Pilbup 2024 merupakan dasar penyusanan Raperda Kabupaten Magelang Tahun 2022. Oleh karena itu, DPRD Kabupaten Magelang merasa perlu segera membahas raperda tersebut pada Masa Sidang I Tahun 2021.

Selain itu, raperda tersebut belum masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Magelang Tahun 2021.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved