Breaking News:

Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Terpilih Kota Magelang Ditunda

Rencana pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih Kota Magelang mesti tertunda sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan.

TRIBUNJOGJA/ Yosef Leon Pinsker
Sekretaris Daerah Kota Magelang, Joko Budiyono saat memberikan keterangan kepada wartawan 

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Rencana pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih Kota Magelang mesti tertunda sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan.

Rencananya pelantikan itu bakal dilangsungkan pada 17 Februari ini saat masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota periode 2015-2020 berakhir.

"Mundur pelantikannya. Jadi nanti dilantik bersamaan dengan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota terpilih se Indonesia," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Joko Budiyono dikonfirmasi Senin (15/2/2021).

Joko menjelaskan, sampai saat ini kapan tanggal pasti pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih Kota Magelang masih belum jelas.

Baca juga: Dr Aqua Dwipayana: Pentingnya Peran Pemuda untuk Menggerakkan Ekonomi di Tengah Pandemi

Namun diperkirakan pelantikan itu akan dilaksanakan pada akhir Februari ini dan akan langsung dilantik oleh Gubernur Jateng.

"Penjelasannya nanti kalau sudah selesai tentang permasalahan hukum yang di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan Pilkada. Mungkin di akhir Februari," imbuhnya.

Gugatan soal sengketa Pilkada Kota Magelang itu disebut Joko akan rampung pada Senin, 15 Februari 2021 ini.

Setelah sengketa soal Pilkada Kota Magelang itu keluar dengan status berkekuatan hukum tetap (inkrah) maka pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih Kota Magelang bisa dilaksanakan.

"Nanti jabatan Walikota Magelang akan diampu oleh Pelaksana harian (Plh) yakni Sekda sampai Walikota dan Wakil Walikota terpilih dilantik," imbuhnya.

Surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) soal penunjukkan Plh Walikota Magelang juga sudah turun.

Surat dengan nomor 120/738/OTDA itu memuat tiga poin yang menginstruksikan Gubernur agar menunjuk Sekda sebagai Plh pejabat daerah sampai Walikota dan Wakil Walikota terpilih dilantik.

Baca juga: Dalam Dua Hari Terakhir Jumlah Sampel yang Diperiksa Gugus Tugas COVID-19 DIY Alami Penurunan

Triyamto Sutrisno, Plt Kabag Prokompim Kota Magelang mengatakan, masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Magelang periode 2015-2020 akan berakhir pada 17 Februari ini.

Pihaknya juga belum tahu kapan tanggal pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih Kota Magelang dilangsungkan.

"Sampai saat ini belum ada info. Kami juga masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Kemendagri turun," katanya. (jsf)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved