Breaking News:

Pengprov PSTI DIY

Syukron Fokus Prestasi, Rekreasi, dan Industri Sepak Takraw DIY

Anggota DPRD DIY, Syukron Muttaqien, menggantikan Arif Sudarmanta sebagai Ketua Pengprov PSTI DIY periode 2021-2015.

IST
Sukron Muttaqien 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ketua Umum Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) DI Yogyakarta memiliki nakhoda anyar. Syukron Arif Muttaqin terpilih sebagai ketua umum periode 2021-2025.

Anggota DPRD DIY ini terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Provinsi PSTI DIY di Puri Mataram Resto dan Wahana Wisata, Tridadi, Sleman, Sabtu (13/2/2021). Lima perwakilan pengurus cabang (pengcab) PSTI dari Kota/Kabupaten DIY menyatakan, mendukung penuh.

Syukron menggantikan ketua umum periode sebelumnya, yakni Arif Sudarmanta. "Hanya ada satu calon tunggal. Semua memberikan dukungan penuh,” tegas Ketua Sidang Musprov PSTI DIY, Mulyanta.

Syukron menegaskan, bakal fokus pada tiga hal, yakni prestasi, rekreasi, dan industri. Peningkatan prestasi akan dilakukan melalui pembinaan usia dini dan pembinaan atlet.

Selain itu, pembinaan wasit dan pelatih juga menjadi prioritas. ”Kami ingin meneruskan target pengurus sebelumnya, lolos PON. Tahapan berikutnya meraih medali,” ucapnya.

Selain itu, eks jurnalis ini bertekad lebih mengenalkan sepak takraw kepada generasi muda, khususnya milenial. Ia siap mengemas olahraga asli Indonesia ini dengan sentuhan hiburan.

”Teknis dasar olahraga ini adalah memakai bola dan kaki. Jadi, nanti kita kemas tekniknya permainannya seperti jugling menjadi daya tarik,” paparnya.

Terkait perkembangan sepak takraw, Pengprov DIY akan mendorong cabor ini menjadi profesional. Termasuk, mengemas sisi permainan dan aksesori pendukungnya.

”Kebutuhannya kan ada bola, kostum, sepatu, dan aksesori lainnya. Nah, kalau ini dikemas secara baik, akan menjadi industri yang tujuannya mendukung perkembangan olahraga ini,” tandasnya.

Musprov dibuka perwakilan Pengurus Besar PSTI, Dr Aziz Abdul Hakim. Hadir pula Ketua KONI DIY Djoko Pekik Irianto, Ketua PSTI DIY periode 2017-2021 Arif Sudarmanto, dan sesepuh sepak takraw DIY Mujiman.

Aziz menyatakan, siap mendukung penuh kepengurusan PSTI DIY. Bahkan, PB PSTI juga siap melakukan pembinaan untuk peningkatan prestasi atlet DIY.

”Kita siap bersinerji dengan kepengurusan baru ini nantinya,” tegasnya.

Ketua KONI DIY, Djoko Pekik Irianto berharap, pengurus baru bisa melanjutkan program pengurus sebelumnya. Baik sisi pembinaan maupun pengembangan sepak takraw.

"Program pengurus lama sudah bagus, tinggal dilanjutkan. Kami berharap, target masuk PON di Aceh dan Sumatera Utara mendatang, bisa direalisasikan,” pinta Djoko. (*)

Penulis: Agus Wahyu
Editor: Agus Wahyu
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved