Breaking News:

Yogyakarta

2 Putri Kraton Yogyakarta Hadiri Peringatan Perjanjian Giyanti di Karanganyar

GKR Mangkubumi dan Bupati Karanganyar menanam dua pohon sawo kecik di area pintu masuk kompleks situs Perjanjian Giyanti.

istimewa
2 Putri Kraton Yogyakarta Hadiri Peringatan Perjanjian Giyanti di Karanganyar 

TRIBUNJOGJA.COM - Peringatan Perjanjian Giyanti ke - 266 tahun yang digelar Sabtu (13/2/2021) siang tadi di Dusun Kerten Desa Jantiharjo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah berlangsung khidmat.

Sebanyak 50 orang peserta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan hadir di situs Perjanjian Giyanti, tempat dilakukannya kesepakatan antara Pangeran Mangkubumi dengan Gubernur VOC Nicholaas Hartingh dan Paku Buwono III pada 13 Februari 1755 silam.

Perjanjian ini membagi wilayah kerajaan Mataram menjadi dua, Surakarta Hadiningrat dan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Ketua Sekber Keistimewaan DIY, Widihasto Wasana Putra mengatakan peringatan kali ini terasa spesial karena untuk pertama kalinya diikuti oleh Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta

Hadir dua putri Sri Sultan Hamengku Buwono X yakni Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi dan Gusti Kanjeng Ratu Condrokirono serta Kepala Paniradya Kaistimewan Daerah Istimewa Yogyakarta Aris Eko Nugroho, SP MSi.

Baca juga: Seniman Kenang Perjanjian Giyanti Lewat Restitusi 1755

Dari kalangan pemerintah Kabupaten Karanganyar hadir Bupati Karanganyar Drs. H. Juliatmono MM, Sekretaris Daerah Sutarno, Kadisdikbud Drs. Tarsa, M.Pd, Kadisparpora Titis Sri Jawoto, Camat Karanganyar Jamil S.Sos, MM, Lurah Jantiharjo Agus Cahyono, S.Sos, MSi, pengurus Yayasan Giyanti, serta perwakilan Sekber Keistimewaan DIY.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sambutan para pihak, doa syukur, pemotongan tumpeng, dahar kembul, sarasehan dan dipungkasi dengan penanaman pohon sawo kecik, keben dan kantil di area situs.

GKR Mangkubumi dan Bupati Karanganyar menanam dua pohon sawo kecik masing-masing di sebelah kanan dan kiri di area pintu masuk kompleks situs Perjanjian Giyanti.

GKR Condrokirono dan pejabat lainnya menanam pohon keben dan kantil.

Tampil menyemarakkan suasana geguritan sastra mantra dari LKJ Sekar Pangawikan pimpinan R. Bambang Nur Singgih, S.Sn.

Halaman
123
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved