Breaking News:

Olahraga Ekstrem Waterline, Menyebarang Menggunakan Tali di Atas Permukaan Air 

Jika olahraga panjat tebing acap kita lihat sebagai olahraga yang membutuhkan nyali dan memunculkan adrenalin, namun ada satu olahraga

TRIBUNJOGJA/ Taufiq Syarifudin
Olahraga waterline di Embung Tambakboyo, Kamis (11/2/2021) sore. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Jika olahraga panjat tebing acap kita lihat sebagai olahraga yang membutuhkan nyali dan memunculkan adrenalin, namun ada satu olahraga yang bisa dibilang lebih ekstrem dari itu.

Ialah slackline, olahraga yang mengombinasikan kekuatan tangan, fokus, keseimbangan, dan nyali. Dalam olahraga itu, seseorang harus berjalan di atas tali webbing dari ujung ke ujung, dengan ketinggian antara tali dan tanah yang cukup berjarak.

Biasanya, olahraga ini dilakukan di atas tanah lapangan, lalu di atas air dengan sebutan waterline, dan di atas ketinggian atau gunung disebut highline.

Libur Imlek, Wisatawan di Malioboro Dibatasi 700 Orang per Hari

Di Yogyakarta olahraga ini memiliki komunitas bernama, Slackline Jogja Community, yang diprakarsai oleh Andi Ardi (45), seorang yang berprofesi sebagai event organizer di Yogyakarta.

Ia telah menjajal 26 tempat berbeda untuk melakukan olahraga hihgline. Tempat yang paling ekstrem dan berkesan bagi Andi adalah Gunung Api Purba Ngalenggeran.

Di sana Andi dan kolega membetangkan webbing sepanjang 60 meter lebih, dan jarak permukaan tanah dengan webbing sekitar 150 meter. Ketinggian yang cukup mengerikan bagi kebanyakan orang.

"Kalau ada yang bilang ini hanya soal keseimbangan saya sangkal, ini olahraga yang lebih banyak mengandalkan fokus dari otak, belum tentu nyali bagus, balance bagus, bisa olahraga ini," kata Andri sapaan akrabnya.

Tribun Jogja berkesempatan menemui Andi di sela-sela latihan, di Embung Tambakboyo, Condong Catur, Sleman, Kamis (11/2/2021). Ia bersama delapan orang rekannya terlihat sudah siap untuk berjalan di atas tali.

Tali webbing dibentangkan sejauh sekitar 30 meterr, kemudian diikatkan ke carabiner yang dipasang di ujung jembatan sebelah selatan, dengan pohon di seberangnya.

Pemain pertama dilakukan oleh rekan Andi, yakni Amri Pristiawan, dengan mengenakan kaos hitam dan celana denim pendek, ia memasangkan web lock di tali yang telah dipasangnya di bagian pinggang.

Halaman
1234
Penulis: Taufiq Syarifudin
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved