Breaking News:

Peringati Bulan K3 Nasional, PLN Gelar Simulasi APAR

PLN menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memperingati bulan K3 nasional.

Dok. Humas PLN
PLN kembali berikan bantuan keringanan biaya listrik kepada pelanggan kategori rumah tangga bersubsidi, bisnis dan industri hingga Maret 2021. 

TRIBUN-JOGJA.com - Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional diperingati setiap tanggal 12 Januari
hingga 13 Februari setiap tahunnya.

Tahun ini, K3 Nasional mengusung tema "Penguatan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berbudaya K3 pada Semua Sektor Usaha".

Hal tersebut dimaknai PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) lebih mendalam dengan mengangkat sub tema "Penguatan Budaya dan Disiplin Eksekusi K3 pada Kegiatan kelistrikan Untuk Mencapai Zero Accident Yang Berkelanjutan".

Berangkat dari sub tema tersebut, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Jawa Bagian Tengah II menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memperingati K3 Nasional.

Seperti diketahui sebelumnya, pada pekan lalu, telah dilaksanakan kegiatan simulasi tanggap darurat alat pemadam api ringan (APAR).

Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan pegawai dan perwakilan Tenaga Alih Daya (TAD) yaitu satuan pengamanan, cleaning service, serta driver.

Simulasi APAR tersebut dimaksudkan untuk memberi pemahaman kepada para pegawai dan TAD mengenai fungsi APAR. Tujuannya, agar para pegawai mampu memadamkan api menggunakan peralatan dan APAR yang tersedia di lokasi kebakaran.

Selain kegiatan tersebut, PLN UIP JBT II juga mengadakan lomba desain poster K3. Lomba ini diikuti oleh para mitra kerja, baik konstruksi maupun non konstruksi.

“Sebagai unit yang bertugas membangun infrastruktur kelistrikan, UIP JBT II sangat mengedepankan disiplin eksekusi K3," kata Pelaksana Tugas (Plt) General Manager PLN UIP JBT II Octavianus Duha.

Tak hanya itu, Octavianus mengatakan, pihaknya juga selalu berusaha menerapkan zero accident (keclakaan nihil) dalam penyelesaian proyek kami bersama mitra kerja.

"Memperingati bulan K3 Nasional ini, kami menyelenggarakan simulasi penggunaan APAR dengan pembatasan sesuai protokol kesehatan," kata Octavianus dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Jogja, Selasa (9/2/2021).

Octavianus mengatakan, lomba poster juga diadakan sebagai bentuk menjaring ide-ide kreatif dalam mengedukasi masyarakat dan ajakan untuk selalu menerapkan disiplin K3 dalam semua pekerjaan.

“Karena sejatinya tidak ada yang lebih penting dari nyawa manusia," katanya.

Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: AMALIA PURNAMA SARI
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved