Breaking News:

Kabupaten Magelang

Selama Pandemi Covid-19, 50 Ribu Wisatawan Batalkan Kunjungan ke Candi Borobudur

PT TWCB memperkirakan sedikitnya 50 ribu wisatawan yang mengurungkan niatnya untuk berwisata ke Candi Borobudur selama pandemi covid-19

TRIBUNJOGJA/ Rendika Ferri
Wisatawan berfoto bersama di depan concourse jalan utama menuju Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (3/1/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - PT Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) memperkirakan sedikitnya 50 ribu wisatawan yang putar balik atau mengurungkan niatnya untuk berwisata ke Candi Borobudur selama penerapan aturan baru di masa pandemi covid-19.

Sejak beroperasi pada Juni 2020 lalu setelah sempat tutup pada awal ditemukannya Covid-19, PT.TWC memang hanya memperbolehkan pengunjung yang berwisata ke sampai di halaman candi saja untuk mencegah penyebaran virus.

General Manager PT. TWC, I Gusti Putu Ngurah Sedana mengatakan, pembukaan tempat wisata itu diperbolehkan di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Hanya saja, pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kemendikbud mengatur beberapa hal yang mesti dipatuhi pengunjung saat berwisata di masa pandemi, salah satunya yakni larangan kepada pengunjung untuk masuk dan naik ke bangunan candi.

"Jadi kebijakan Dirjen Kebudayaan di saat pandemi ini kunjungan hanya dibatasi sampai ke halaman candi dan pengunjung juga tidak diperbolehkan untuk naik ke bangunan candi. Itu memang sangat pengaruh sekali ya terutama orang yang sudah datang ke sini dan kemudian disampaikan oleh petugas kami kalau kunjungan hanya boleh sampai halaman candi dan sejak awal dibuka itu mungkin ada sekitar 50 ribu pengunjung yang putar balik," kata dia, Senin (8/2/2021).

Dijelaskan, para pengunjung yang putar balik tersebut rata-rata merupakan wisatawan rombongan atau keluarga.

Mereka biasanya berasal dari luar Kabupaten Magelang seperti Jogja, Klaten, atau Semarang.

"Itu mereka rata-rata rombongan dari luar Magelang dari Jogja juga ada. Tentunya mereka kecewa ya karena dulu kan boleh dan saat ini masa pandemi jadi dilarang, kami juga harus patuh dengan instruksi dari pusat," katanya.

Ikut Gerakan Jateng di Rumah Saja, PT TWC Tutup Candi Borobudur Dua Hari

Selama 2020 Tingkat Kunjungan Wisatawan ke Candi Borobudur Magelang Merosot Tajam Akibat Pandemi

Putu menyatakan, wisatawan yang enggan berkunjung dan memutuskan untuk putar balik biasanya kecewa karena tidak bisa mengabadikan bangunan candi secara utuh melalui telepon pintar mereka.

Padahal, salah satu daya tarik Candi Borobudur adalah latar pemandangan candinya yang megah dan kerap menarik pengunjung untuk berswafoto (selfie).

Halaman
12
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved