Breaking News:

PSTKM

PSTKM Jilid 3, Pemkot Yogya Sebut Kebijakan Ini Sukses Tekan Mobilitas, Berikut Aturan Terbarunya

"Ini sedang kita pikirkan, apakah dimungkinkan, beberapa persen setiap malamnya itu bisa beraktivitas lebih lama. Artinya, pukul 21.00

TRIBUNJOGJA/ Azka Ramadhan
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pengetatan secara terbatas kegiatan masyarakat (PSTKM) di Kota Yogyakarta kembali diperpanjang, mulai 9-23 Februari 2021.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, Pemkot Yogyakarta menilai, PSTKM cukup efektif untuk menekan mobilitas warga masyarakat.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, mobilitas sosial warga selama dua tahap PSTKM sebelumnya cenderung dapat ditekan.

Menurutnya, tingkat ketaatan yang ditunjukkan masyarakat sudah bagus, meski masih dijumpai beberapa permasalahan kecil di lapangan.

RSUP Dr Sardjito Telah Melayani 163 Pasien Donor Plasma Konvalesen Covid-19

"Jika dilihat dari mobilitas sosialnya, saya kira kalau malam di Kota Yogyakarta ini sangat bagus. Semua taat terhadap apa yang jadi kebijakan bersama. Namun, kalau siang hari itu, pengawasannya tidak mudah," katanya, Senin (8/2/2021).

"Kalau perkantoran, saya yakin semua sudah 25 persen (dari kapasitas maksimal). Tetapi, kalau di mall dan segala macam, kita belum bisa memonitor langsung," imbuh Heroe.

Walau begitu, ia tak menampik, dari segi ekonomi, PSTKM memang memberikan dampak yang cukup telak, terhadap para pelaku usaha.

Di samping deretan hotel yang saat ini terancam gulung tikar, para pedagang kaki lima, maupun industri kecil lainnya pun semakin tercekik.

Oleh sebab itu, Pemkot Yogyakarta pun mulai memikirkan solusi untuk meminimalisir problem tersebut.

Yakni, dengan sedikit melonggarkan aturan main, mengenai jam buka bagi para pedagang, atau pelaku usaha di malam hari, di mana dalam PSTKM jilid tiga dibatasi sampai 21.00.

Halaman
12
Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved