Kabupaten Klaten

Maksimalkan Screening Covid-19, Pemkab Klaten Pesan 10 Unit GeNose C19

Bupati Klaten, Sri Mulyani memesan 10 unit GeNose C19 atau alat pendeteksi COVID-19 berbasis hembusan napas yang dibuat oleh UGM Yogyakarta

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Hari Susmayanti
Istimewa
GeNose, Alat Deteksi Covid-19 dari UGM, 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bupati Klaten, Sri Mulyani memesan 10 unit GeNose C19 atau alat pendeteksi COVID-19 berbasis hembusan napas yang dibuat oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

GeNose C19 merupakan singkatan dari Gadjah Mada Nose C19. Alat ini merupakan inovasi Universitas Gadjah Mada untuk membantu screening Covid-19.

"Pesan, saya sudah minta pak sekda untuk memesan (GeNose C19) ke UGM. Kita pesan sepuluh unit," ujarnya pada awak media di RSUD Bagas waras, Senin (8/2/2021).

Sri Mulyani mengatakan jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten telah memesan alat tersebut bahkan sudah satu bulan yang lalu.

"Tapi memang saking banyak pemesannya kita butuh waktu. Kita sudah pesan jauh-jauh hari, bahkan satu bulan yang lalu, sebelum viral itu malah," jelas Mulyani.

Disinggung terkait dimana GeNose C19 itu nantinya bakal ditempatkan, orang nomor satu di pemerintahan Klaten itu bakal melakukan kajian terlebih dahulu.

Ratusan Orang Jalani Tes GeNose di Stasiun Tugu Yogyakarta, 6 Penumpang Terindikasi COVID-19

PT KAI Resmi Buka Layanan Pemeriksaan GeNose C19  di 4 Stasiun Bertarif Rp 20 Ribu

"Penempatan nanti saya pasrahkan dulu tentunya, biar dikaji nanti di (kantor) pemda dan tempat-tempat pelayanan publik akan kami berikan," imbuhnya.

Dilansir Tribun Jogja dari laman ugm.ac.id, GeNose C19 bekerja dengan cara mengidentifikasi virus corona dengan cara mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC).

VOC terbentuk lantaran adanya infeksi COVID-19 yang keluar bersama napas.

Orang-orang yang akan diperiksa menggunakan GeNose, terlebih dahulu diminta menghembuskan napas ke tabung khusus.

Sensor-sensor dalam tabung itu lalu bekerja mendeteksi VOC.

Kemudian, data yang diperoleh akan diolah dengan bantuan kecerdasan buatan hingga memunculkan hasil. (Tribunjogja/Almurfi Syofyan)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved