Breaking News:

Vaksin Covid

Berjalan Lancar, Bupati Klaten Sri Mulyani Jalani Vaksin COVID-19 Tahap Kedua

Bupati Klaten, Sri Mulyani menjalani vaksin COVID-19 tahap kedua di RSD Bagas Waras, Kabupaten Klaten, Senin (8/2/2021).

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan
Bupati Klaten Sri Mulyani saat menunjukan surat vaksin pada awak media seusai menjalani suntik vaksin tahap kedua di RSD Bagas Waras, Klaten, Senin (8/2/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bupati Klaten, Sri Mulyani menjalani vaksin COVID-19 tahap kedua di RSD Bagas Waras, Kabupaten Klaten, Senin (8/2/2021).

Ia sebelumnya telah menjalani suntik vaksin COVID-19 tahap pertama di rumah sakit yang sama pada Senin (25/1/2021) lalu.

Seusai menjalani suntik vaksin itu, Sri Mulyani mengimbau warga Klaten agar tidak takut untuk divaksin.

"Untuk saya pribadi alhamdulillah aman. Ya biasa lah kalau terasa jarum masuk (saat disuntik) itu biasa dan masih wajar lah," ujarnya pada awak media seusai penyuntikan vaksin.

Jasad Perempuan Ditemukan Terbujur Kaku di Dalam Kamar Indekos di Temon Kulon Progo

Ia mengatakan jika, program vaksinasi COVID-19 tahap pertama di Klaten berjalan cukup lancar karena sebagian besar forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) dan tenaga kesehatan (nakes) telah divaksin.

"Terus untuk kondisi vaksin yang (tahap) pertama bisa saya sampaikan kalau di Klaten termasuk cukup bagus. Hampir 80 persen percepatan vaksin itu sampai dan telah selesai tahap pertama," katanya.

Mulyani pun mengatakan, jika untuk vaksin tahap selanjutnya masyarakat akan segera menerimanya juga terutama para pelaku UMKM dan kelompok rentan.

"Kalau vaksin tahap kedua ini sudah selesai kita nanti langsung ke masyarakat umum terutama para pelaku UMKM, kelompok rentan seperti lansia," ungkapnya.

Ia pun menjelaskan, jika para kelompok rentan seperti lansia aman untuk divaksin.

Dampak Kebijakan Jateng di Rumah Saja, Wisata Gunungkidul Terdongkrak di Pantai Gesing

"Setelah rakor semalam untuk yang lansia ternyata aman untuk divaksin yang tidak boleh kan ibu menyusui dan wanita hamil," paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo menyampaikan vaksinasi tahap pertama telah dilakukan dengan capaian total 5.969 orang yang merupakan nakes dan forkopimda.

"Hari ini dilakukan tahap kedua di RS Bagas Waras Klaten ada 8 orang termasuk Forkopimda serta di beberapa titik juga dilakukan vaksinasi. Vaksinasi tahap 2 untuk tenaga kesehatan dilakukan besuk pagi," tutur Cahyono.

Ia mengatakan, jika vaksinasi tahap kedua tersebut akan dilakukan di 48 tempat, yakni 34 puskesmas, beberapa rumah sakit, klinik TNI Polri, serta balkesmas.

Sedangkan untuk fasilitator vaksin saat ini terdapat 305 orang yang kedepannya akan bertambah seiring dengan jumlah orang yang akan divaksin. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved