Breaking News:

PLN Pulihkan Listrik Kota Semarang Pascabanjir

PLN berhasil memulihkan sebagian aliran listrik masyarakat yang terdampak banjir dengan aman.

Dok. Humas PLN
PLN Berhasil Pulihkan Sebagian Listrik Pasca Banjir 

TRIBUN-JOGJA.com - Pascabanjir Kota Semarang, Perusahaan Listrik Negara (PLN) berhasil memulihkan sebagian aliran listrik masyarakat yang terdampak. 

Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Elly Oktaviani Ciptati mengatakan, PLN berupaya mengutamakan keselamatan warga yang terdampak banjir dengan menghentikan aliran listrik sementara. 

"Pada daerah yang masih terendam banjir, PLN terpaksa menghentikan sementara aliran listrik, setelah banjir surut dan dipastikan aman, listrik baru bisa dinyalakan,” ujarnya, Minggu (7/02/2021).

Seperti yang diketahui, hujan lebat yang melanda pada Sabtu (6/2/2021) dini hari menyebabkan banjir di beberapa titik Kota Semarang. 

Sampai dengan pukul 13.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), PLN berhasil memulihkan 64 persen gardu distribusi dan 54 persen pelanggan. 

"Sebanyak 692 dari 1.069 unit gardu distribusi yang terdampak banjir sudah berhasil dipulihkan kembali," kata Elly seperti dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Elly, hal itu artinya, sebanyak 35.443 dari 64.680 pelanggan terdampak banjir sudah kembali menikmati pasokan listrik.

"PLN juga terus memantau daerah-daerah yang terdampak agar dapat segera menormalkan kembali pasokan listrik apabila kondisinya telah aman bagi masyarakat," imbuhnya.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Minggu (7/2/2021), Kota Semarang masih akan diguyur hujan dengan intensitas ringan sampai sedang.

Untuk Jawa Tengah sendiri, diperkirakan terjadi hujan lokal serta hujan dengan intensitas sedang di daerah Pantai Utara (Pantura).

Oleh karena itu, Elly terus mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi bencana. 

"Kami juga selalu mengimbau masyarakat agar memperhatikan potensi bahaya listrik saat banjir dengan cara mematikan instalasi listrik di dalam rumah, mencabut colokan listrik, dan memindahkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi," jelasnya.

Elly juga menjelaskan, apabila listrik tidak padam saat banjir, masyarakat dapat segera menghubungi PLN.

"Saat banjir surut, pastikan alat elektronik benar benar kering sebelum dipakai kembali," ujar Elly.

Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: Yohanes Enggar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved