Breaking News:

Pandemi Covid-19 Tak Kunjung Usai, DPRD Magelang Terus Dongkrak Pariwisata

DPRD Kabupaten Magelang terus mendongkrak pariwisata agar tidak macet akibat pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai.

Dok. Humas Pemkab Magelang
Ketua Komisi II DPRD Magelang, Grengseng Pamudji 

TRIBUN-JOGJA.com - Kegiatan pariwisata di Kabupaten Magelang saat ini sedang terpuruk akibat dihantam Covid-19 yang belum juga menunjukkan tanda-tanda mereda.

Namun, kondisi tersebut tetap bisa menjadi peluang mengembangkan pariwisata pola baru kepada masyarakat.

Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magelang, Grengseng Pamudji, mengungkapkan, saat ini, pariwisata Magelang macet. Bahkan, hanya 30 persen saja yang masih berjalan. 

Menurutnya, ribuan pelaku pariwisata mulai pengelola destinasi wisata, restoran, hotel, biro perjalanan, pemandu wisata dan transportasi saat ini tidak bisa menjalankan kegiatan usahanya.

"Namun demikian, pandemi Covid-19 ini bukan hanya mematikan, tetapi juga menjadi peluang. Situasi ini bisa dijadikan momentum untuk mendorong pariwisata agar lebih inovatif," jelasnya, Minggu, (7/2/2021).

Pada kesempatan itu, ia juga menegaskan, pariwisata di Kabupaten Magelang bukan hanya Candi Borobudur, tetapi ada banyak potensi yang bisa dikembangkan.

Konsep yang dicetuskan politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini adalah pariwisata berbasis budaya. 

Budaya yang dimaksudkan bukan hanya dalam pengertian sempit berupa kegiatan seni tetapi budaya masyarakat dalam arti luas yakni tradisi dalam menjalani kehidupan.

Adapun sejumlah objek wisata muncul di Kabupaten Magelang di masa pandemi ini, di antaranya wisata alam puncak Silancur di Kecamatan Kaliangkrik yang menawarkan pemandangan gunung Sumbing dan lembah Magelang.

Tak hanya itu, juga terdapat objek wisata Taman Svargabumi di Borobudur yang menawarkan spot foto persawahan yang eksotik dan Nepal Van Java dengan pemandangan pemukiman bertingkat di Gunung Sumbing.

Halaman
123
Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: Yohanes Enggar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved