Breaking News:

Yogyakarta

Stasiun Geofisika Yogyakarta : Terjadi 18 Gempa Bumi di Jawa dalam Sepekan

Gempa bumi tersebut mencakup di PGR VII Statsiun Geofisika Yogyakarta yang meliputi Jawa Tengah (Jateng), DIY, dan Jawa Timur (Jatim).

Shutterstock
Ilustrasi gempa. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dalam sepekan terakhir Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Yogyakarta mencatat sudah sedikitnya sudah ada 18 kejadian gempa bumi.

Gempa bumi tersebut mencakup di PGR VII Statsiun Geofisika Yogyakarta yang meliputi Jawa Tengah (Jateng), DIY, dan Jawa Timur (Jatim).

Kasi Observasi Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta Budiarto mengatakan, kejadian gempa bumi tersebut tercatat diperiode pengamatan 29 Januari-4 Februari 2021.

"Total kejadian gempa bumi sebanyak 18 kejadian dimulai 29 Januari sampai 4 Februari 2021," katanya, Jumat (5/2/2021).

Budi melanjutkan, dari kejadian gempa tersebut 6,33 persen di antaranya berkekuatan di bawah magnitudo 3 skala richter, 9,50 persen lainnya sebesar 3,1 sampai 4 skala richter, dan 3,17 persen sisanya berkekuatan 4 sampai 5 skala richter.

BREAKING NEWS: Gempa Bumi Berkekuatan 3.0 Skala Richter Guncang Gunungkidul Jumat Pagi

Untuk kedalaman gempa, Budi menjelaskan 2,11 persen berada dikedalaman 60-300 Kilometer, sementara 7,89 persen sisanya berada dikedalaman kurang dari 60 Kilometer.

Sementara untuk kejadian gempa paling banyak terjadi pada periode pengamatan 31 Januari dan 1 Februari 2021.

"Tercatat pada 31 Januari ada empat kejadian, dan 1 Februari juga ada empat kejadian," terangnya.

Budi mengklaim bahwa saat ini terjadi peningkatan aktivitas gempa di wilayah VII lantaran sensor pendeteksi gempa yang dimiliki BMKG saat ini sudah sebanyak 50 sensor.

Atas catatan tersebut, BMKG tetap memberikan imbauan kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan.( Tribunjogja.com )

Penulis: Miftahul Huda
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved