Breaking News:

Berita Kesehatan

Berhubungan Intim Saat Hamil, Apakah Bisa Menyakiti Janin?

Hubungan intim saat masa kehamilan aman dilakukan selama tidak ada indikasi kesehatan tertentu

ist
Hamil 

TRIBUNJOGJA.COM - Mungkin di antara Anda pasangan muda kerap bertanya apakah berhubungan intim saat masa kehamilan bisa menyakiti kondisi sang janin? Jawabannya adalah, tidak. Hubungan intim saat masa kehamilan aman dilakukan selama tidak ada indikasi kesehatan tertentu. Atau sepanjang dokter atau bidan memiliki alasan spesifik bagi Anda untuk tidak melakukan hubungan intim.

"Semua seks adalah seks yang baik selama itu menyenangkan dan suka sama suka," kata Holly Richmond , seorang terapis seks klinis dan terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, sebagaimana dilansir healthline.

Sementara itu, Aleece Fosnight, asisten dokter dan konselor seks di bidang urologi, kesehatan wanita, dan pengobatan seksual mengatakan bahwa rahim sangat elastis dan dapat meredam guncangan.

 “Selama penetrasi, rahim mungkin bergerak sedikit dan Anda merasakannya. Orang-orang ketakutan karena mungkin bisa terjadi sesuatu pada bayi itu."Faktanya, rahim memang bisa digerakkan selama kehamilan," katanya.

Ia menambahkan bahwa bayi sangat terlindungi dan memiliki sistem filter sendiri yang sangat selektif tentang apa yang masuk dan keluar.

Namun, sebuah penelitian menemukan hingga 80 persen pria khawatir hubungan intim bisa menyakiti bayi. Padahal alat vital pria pun sebenarnya tidak akan menyentuh bayi.

Kekhawatiran lainnya adalah bahwa hubungan intim selama masa kehamilan ditakutkan bisa memicu keguguran.

Faktanya hubungan intim tidak menyebabkan keguguran. Keguguran seringkali disebabkan oleh janin yang tidak berkembang secara normal. Studi tahun 2011 juga menyimpulkan bahwa seks tidak memicu persalinan dini pada kehamilan berisiko rendah.

Justru seks bahkan dapat membantu persalinan.

“Beberapa pasangan berhubungan seks sampai wanita tersebut melahirkan,” kata Stephanie Buehler, seorang psikolog dan terapis seks bersertifikat.

Halaman
1234
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved