Breaking News:

Bisnis

Bisnis Indekos Eksklusif Kian Moncer di Tengah Pandemi

Indekos mengutamakan pelayanan konsumen maupun pelanggan di tengah masa-masa sulit akibat COVID-19.

istimewa
D'Paragon, satu di antara jaringan indekos eklsklusif yang menjadi satu dari beberapa pionir bisnis properti terbesar di Indonesia. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bagi dunia usaha, pandemi COVID-19 memang cukup dirasakan melanda perekonomian di Indonesia, namun ternyata bisnis hospitality dan indekos eksklusif tetap bertahan bahkan mampu berkembang.

Satu di antara jaringan indekos eklsklusif yang menjadi satu dari beberapa pionir bisnis properti terbesar di Indonesia D'Paragon, memiliki kiat khusus untuk bisa tetap bertahan meski di tengah masa pandemi COVID-19.

Muhammad Syarif Hidayat, owner D'Paragon mengatakan, sejak awal pandemi COVID-19 pada Maret 2020 lalu hingga saat ini, tetap melakukan bisnis peduli dengan mengutamakan pelayanan konsumen maupun pelanggan di tengah masa-masa sulit akibat COVID-19.

Manajemen perusahaan pun dilakukan dengan tetap mempertahankan kinerja karyawan secara yang efektif dan tepat.

Terlebih terkait pemasaran dan promosi, justru dilakukan dengan program yang adaptif.

Baca juga: Polisi Minta Penghuni Indekos di Yogyakarta Aktif Bersosialisasi

"Kuncinya kita peduli, baik kepada pelanggan, maupun karyawan, semua harus efektif dan cerdas, bahkan saat promosi pun kita memilih langkah yang adaptif, menyesuaikan dengan aturan dan kebijakan pemerintah," kata Dayat dalam keterangannya, Rabu (3/2/2021).

D'Paragon sejak awal juga telah mempelopori penggunaan apilkasi berbasis IT yang mempermudah setiap pemesanan secara online.

Hal itu selaras dengan perilaku konsumen yang saat ini lebih merasa aman memesan kamar kost tanpa harus berinteraksi langsung melalui https://dparagon.com/

"Perilaku konsumen yang melekat dari dulu sampai sekarang kita sama sama tahu akan mencari barang murah. Akibat perilaku konsumen itu akhirnya sering terjadi perang harga sehingga melupakan kualitas yang diberikan kepada konsumen," imbuhnya.

Sementara itu, menurut pakar perilaku konsumen, STIE YKPN, Cynthia Manggarani menyebut, perilaku konsumen memang sangat dinamis, saat ini buyer mengikuti produk-produk yang sehat, aman dan meminimalisir kontak langsung.

Para pembeli produk saat ini mempertimbangkan protokol kesehatan secara menyeluruh termasuk konsep hunian yang aman sehat dan bebas COVID-19.

Baca juga: Pemilik Indekos di Kota Yogya Diminta Pantau Kedatangan Mahasiswa Rantau

Menurut Cynthia yang juga wakil koordinator Bidang Humas Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) DIY tersebut, ada hal menarik ketika perusahaan yang lebih peduli akan kondisi sosial lingkungannya justru bisa menarik saat konsumen memilih produk.

"Perilaku konsumen memang menjadi bagian penting saat sebuah perusahaan menentukan harga produk, sebab tak hanya memilih yang sesuai antara harga dan produk, konsumen juga menikmati produk yang berkualitas dan bisa menggambarkan citra dirinya," sambungnya.

Memiliki jaringan usaha di sejumlah kota besar mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, hingga Palembang, Royal D'Paragon Land yang merupakan satu di antara pionir indekos eksklusif di tanah air kini masih bertahan bahkan justru melebarkan sayapnya ke berbagai daerah.

Selain di Jawa dan Sumatera, kini DParagon tengah menyasar pulau Kalimantan sebagai wilayah baru pengembangan bisnisnya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved