Breaking News:

Tol Yogya Solo

Pemilik 85 Bidang Tanah Terdampak Tol Yogya-Solo di Desa Sidoharjo Klaten Terima Uang Ganti Rugi

Sebanyak 85 bidang tanah yang terdampak Jalan Tol Yogya-Solo di Desa Sidoharjo, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten

Jasa Marga
ILUSTRASI - Proyek Tol Yogyakarta-Bawen-Solo 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sebanyak 85 bidang tanah yang terdampak Jalan Tol Yogya-Solo di Desa Sidoharjo, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, menerima pembayaran uang ganti rugi (UGR) tanah terdampak tol, Selasa (2/2/2021).

Kepala Desa Sidoharjo, Tri Manto membenarkan jika telah dilakukan pembayaran UGR atau pelepasan hak warga yang terdampak tol di daerah tersebut.

"Iya benar hari ini telah dilakukan pembayaran ganti rugi tanah terdampak tol di desa Sidoharjo, totalnya ada 85 bidang tanah yang dilakukan pembayaran," ujarnya Selasa (2/2/2021).

Baca juga: BREAKING NEWS: Lansia Tewas Tenggelam di Telaga Serpeng Semanu Gunungkidul

Baca juga: WASPADA, GeNose C19 Banyak Dijual di Situs Belanja Online, Masyarakat Jangan Terjebak

Ia mengatakan, dari 85 bidang tanah yang terdampak tol itu, sebagian besar merupakan lahan persawahan.

Sisanya lahan pekarangan rumah hingga bangunan rumah warga.

Menurutnya, dari 85 bidang tanah yang terdampak tol Yogya-Solo di desa itu, luas tanah paling besar terdampak sekitar 1.500 meter persegi dan yang paling kecil yakni satu meter persegi milik warganya yang bernama Darussalam.

"Kalau yang satu meter itu sudah dibayarkan. Itu pembayarannya cash tidak melalui rekening. Sebab tanahnya yang kena cuma satu meter dan dibayarkan sekitar Rp 1 juta," imbuhnya.

Sementara itu, Staf Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Tol Yogya-Solo, Christian Nugroho mengatakan jika total luas tanah yang terdampak tol dari 85 bidang di Desa Sidoharjo mencapai 63.565 meter persegi.

Baca juga: Psikolog UGM: Anak-Anak Diprediksi Mengalami Dampak Terbesar Pandemi, Ini Penjelasannya

Baca juga: BSU 2021 Ditiadakan, Begini Respon Pekerja di DI Yogyakarta

"Di desa Sidoharjo ada 85 bidang yang dilakukan pembayaran. Jika di total luas tanahnya mencapai 63.565 meter persegi," katanya.

Kemudian, kata dia, untuk pembayaran yang diterima oleh setiap pemilik bidang tanah beragam tergantung luasan bidang tanah yang terdampak tol, mulai dari Rp 1,5 miliar hingga Rp 1 juta.

"Kalau di total jumlah uang yang dibayarkan untuk ganti rugi lahan di desa ini mencapai Rp 57,4 miliar," imbuhnya. (Mur)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved