Breaking News:

Vaksin Covid

Sebanyak 67,28 Persen Nakes di Kota Yogyakarta Telah Menjalani Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta tengah berupaya mempercepat proses vaksinasi terhadap tenaga kesehatan (nakes),

freepik
Ilustrasi vaksin Covid-19 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta tengah berupaya mempercepat proses vaksinasi terhadap tenaga kesehatan (nakes), khususnya yang berada di garda terdepan penanganan Covid-19.

Sehingga, perlindungan maksimal bisa segera didapat paramedis.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, pihaknya berharap vaksinasi untuk para nakes dapat selesai dalam triwulan pertama tahun 2021 ini.

Dengan begitu, tahapan vaksinasi bisa secepatnya menyasar prioritas berikutnya.

"Kalau di data saya, sekarang sudah sekitar 67,28 persen. Itu vaksinasi yang injeksi pertama masih ada, terus yang kedua juga sudah jalan. Jadi, kalau hitungan kami, mungkin akhir bulan Februari, atau pertengahan Maret bisa selesai ya," ujarnya, saat dikonfirmasi Jumat (29/1/2021).

Baca juga: Kesan Beberapa Tokoh Yang Mewakili Pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Kulon Progo

Baca juga: BPBD DIY Siagakan 12 Barak Pengungsian untuk Antisipasi Erupsi Gunung Merapi

"Dalam hari-hari ini memang kita diminta, supaya dapat meningkatkan jumlah yang divaksin, agar semakin banyak," imbuh Wakil Wali Kota Yogyakarta tersebut.

Heroe menandaskan, seandainya vaksinasi untuk nakes ini bisa rampung dalam tenggat waktu yang telah dicanangkan, maka pihaknya pun bisa melanjutkan proses untuk prioritas berikutnya.

Yakni, meliputi petugas pelayanan publik dan kelompok warga lanjut usia, atau lansia.

"Yang pertama kan ada tiga kelompok. Ada nakes, petugas pelayanan umum dan lansia. Proses pertama ini InsyaAllah sampai Maret. Jadi, pada kisaran bulan April kemungkinan sebagian lansia dan aparat pelayanan publik, sudah bisa masuk (proses vaksinasi)," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani menuturkan, hingga Jumat (29/1/2021), jumlah tenaga kesehtan yang telah divaksin telah mencapai 67,28 persen dari sekitar 8.680 sasaran yang tersebar di sejumlah fasilitas kesehatan.

Baca juga: Terkendala Topografi Wilayah, PDAM Tirta Handayani Gunungkidul Perlu Biaya Operasional Besar

Baca juga: Bidokkes Polda DIY-RSUP Sardjito Kerja Sama Gelar Sosialisasi Donor Plasma Konvalesen

Dipaparkannya, pada Selasa (26/1/2021) lalu, pihaknya sudah menerima vaksin termin ke dua sebanyak 9.600 dosis, yang disertai juga dengan beberapa kelengkapannya, mulai dari alat suntik, alkohol swab, serta safety box.

Kemudian, sebanyak 212 nakesnya dari RS PKU Kota Yogya, RS Panti Rapih dan RS Bethesda Lempuyangwangi pun sudah diikutkan dalam vaksinasi massal di Grha Sabha Permana UGM, Kamis (27/1/21) lalu.

Agenda yang dikoordinir RS Sardjito tersebut diikuti oleh 3.300 nakes.

"Selanjutnya, hari ini vaksinasi tokoh perdana untuk dosis yang ke dua, yang dosis pertamnya sudah kita laksanakan pada 15 Januari kemarin," cetusnya. (aka)

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved