Breaking News:

PSP UPN Veteran Yogyakarta Motori Aksi Penghijauan di Pantai Slili Gunungkidul

Aksi bakti lingkungan juga diikuti pula oleh sedikitnya 30 orang pelajar dan mahasiswa asal Papua yang tengah menuntut ilmu di Yogyakarta.

Istimewa
Aksi bakti lingkungan penanaman pohon di kawasan pantai Slili Tepus Gunungkidul Yogyakarta.  

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Pusat Studi Pancasila Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta berkolaborasi dengan Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Bersama Untuk Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan (DPP Rabuk Kebangsaan), Jumat (29/1/2021) menggelar aksi bakti lingkungan penanaman pohon di kawasan Pantai Slili Tepus Gunungkidul Yogyakarta. 

Aksi bakti lingkungan juga diikuti pula oleh sedikitnya 30 orang pelajar dan mahasiswa asal Papua yang tengah menuntut ilmu di Yogyakarta.

Kegiatan ini diselenggarakan bersamaan dengan aksi bersih pantai yang rutin dilakukan pokdarwis setempat.

Tujuannya selain membangun kesadaran cinta lingkungan juga memupuk kegotong royongan diantara komponen bangsa sebagai salah satu pengamalan nilai Pancasila.

Pohon yang ditanam antara lain cemara udang (casuarina equisetifolia), butun atau keben (barringtonia asiatica) dan nyamplung (calophyllum inophyllum). Ketiganya adalah jenis pepohonan yang cocok tumbuh di kawasan tanah berpasir. Selain berfungsi sebagai perindang dan penahan abrasi juga sebagai penahan angin (wind barrier).

Pepohonan tersebut juga dikenal punya kemanfaatan kesehatan bagi manusia dan kelestarian lingkungan. Cemara udang disukai sejumlah burung untuk membuat sarang. Sementara keben sering digunakan sebagai obat-obatan tradisional. Buah dari tumbuhan ini dimanfaatkan sebagai obat sakit perut, obat rematik, dan dapat dijadikan sebagai obat luka. Sedangkan kulit pohon nyamplung dapat digunakan untuk obat, kayunya keras, digunakan untuk bahan pembuat perahu dan tiang kapal.

Ketua Pusat Studi Pancasila Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta Ir. Lestanta Budiman, M. Hum berharap kegiatan bakti lingkungan dapat merajut simpul silaturahmi kalangan kampus dengan masyarakat sebagai salah satu esensi dari Tri Darma perguruan tinggi. Selain itu juga memperkokoh keberagaman etnis, suku, agama dan antar golongan diantara warga bangsa. 

"Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi komponen masyarakat lain untuk melakukan kiprah sosial.nyata yang memberikan kemanfaatan bagi kelestarian lingkungan," imbuhnya.

Rektor UPN "Veteran" Yogyakarta Dr. M. Irhas Effendi, M.Si. saat melepas keberangkatan rombongan aksi bakti lingkungan dari halaman kampus mengungkapkan gerakan penanaman pohon merupakan salah satu perwujudan bela negara.

Esensi bela negara tidak sekedar dimaknai secara sempit hanya dalam bidang sosial politik melainkan juga dimensi lingkungan alam. Jika lingkungan alam terjaga baik maka akan tercipta keseimbangan ekosistem yang berguna demi keberlangsungan kualitas hidup manusia.

Halaman
12
Editor: ribut raharjo
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved