Breaking News:

Asam Lambung

3 Pemicu Utama Asam Lambung dan Cara Mengobatinya Secara Alami Menurut Ahli

Refluks asam lambung dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan suara serak dan mungkin benar-benar meninggalkan rasa tidak enak di mulut Anda

Emily Frost
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Harvard Medical Shcool melalui hasil penelitiannya memberikan sejumlah tips bagi para penderita asam lambung. Bahkan cara ini tak memerlukan obat khusus untuk menyembuhkannya.

Ya, asam lambung sebenarnya dapat disembuhkan atau paling tidak diminimalisir risikonya dengan perubahan gaya hidup yang sehat.

Bahkan asam lambung juga bisa ditekan dengan pengaturan posisi tidur.

Gejala Asam Lambung

Jika Anda merasa sedikit serak dan sakit tenggorokan, Anda mungkin akan menderita flu atau pilek. 

Namun jika kondisi ini berlangsung lama, bisa jadi hal itu bukan akibat virus melainkan akibat katup — sfingter esofagus bagian bawah. 

Otot inilah yang mengontrol jalan antara kerongkongan dan lambung, dan ketika tidak menutup sepenuhnya, asam lambung dan makanan mengalir kembali ke kerongkongan. 

Istilah medis untuk proses ini adalah gastroesophageal reflux; aliran balik asam disebut refluks asam.

Gejala Asam Lambung Pada Anak dan yang Perlu Dilakukan untuk Mengatasinya

Refluks asam dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan suara serak dan mungkin benar-benar meninggalkan rasa tidak enak di mulut Anda. 

Ketika refluks asam menghasilkan gejala kronis, itu dikenal sebagai gangguan refluks gastroesofagus, atau GERD. Gejala GERD yang paling umum adalah mulas — nyeri di perut bagian atas dan dada yang terkadang terasa seperti serangan jantung.

Dr. Jacqueline Wolf, ahli gastroenterologi dan profesor kedokteran di Harvard Medical School dan penulis buku Panduan Wanita untuk Perut yang Sehat: Mengendalikan Kesehatan Pencernaan Anda merinci ada tiga masalah utama yang memicu asam lambung.

7 Pemicu Asam Lambung Naik ke Kerongkongan, Satu di Antaranya Makan Terlalu Banyak

Halaman
1234
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved